Cara Mudah dan Murah Atasi Jerawat Batu

 Wajah

Cara Mudah dan Murah Atasi Jerawat Batu – Jerawat batu atau cystic acne merupakan salah satu dari sekian jenis jerawat.  Jerawat yang memiliki ciri khas berupa wujudnya yang lebih keras dan terasa sakit jika ditekan ini sangatlah ditakuti kehadirannya. Bagaimana tidak, penyebaran dari jerawat batu ini pun diketahui sangat cepat menyebar. Dan banyak faktor yang dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat batu, seperti faktor genetik atau keturunan, faktor psikologis atau stres, faktor penggunaan kosmetik, serta konsumsi pil KB. Lalu bagaimana cara mengatasi jerawat batu jika sudah positif memiliki jerawat batu?

Bagi Anda yang keluarganya memiliki jerawat batu, bersiap – siaplah untuk mengetahui cara mengatasi jerawat batu karena faktor genetik menjadi salah satu penyebab utama munculnya jerawat batu. Berikut ulasan mengenai beberapa cara untuk mengatasi jerawat batu, tentu saja dengan cara yang aman, bukan dengan memencetnya.

  1. Menggunakan tomat

Tomat  telah populer dengan kemampuannya untuk mengatasi jerawat. Jerawat batu sekali pun dapat diatasi. Cara penggunaannya pun mudah. Cukup dengan mengusapkan tomat yang telah diiris pada wajah yang berjerawat dan seluruh permukaan kulit wajah Anda.

Cara Mudah dan Murah Atasi Jerawat BatuBiarkan cairan tomat tersebut menempel dan mengering dengan sendirinya sampai meresap ke dalam kulit. Lebih baik jika Anda mengusapkan cairan tomat tersebut hingga ke bagian leher, karena jerawat batu dapat menyebar tidak hanya di bagian wajah, bahkan hingga bagian leher. Setelah kurang lebih 10 menit, Anda dapat membilas wajah Anda dengan air hangat dan mengeringkannya dengan handuk. Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan selain mengatasi jerawat batu yaitu wajah Anda akan lebih cerah dan tampak segar.

  1. Menggunakan jeruk nipis

Penggunaan jeruk nipis untuk menghilangkan jerawat batu memiliki cara yang sama dengan penggunaan tomat. Cukup mengusapkannya ke seluruh wajah. Namun bedanya, ketika Anda menggunakan jeruk nipis, Anda akan merasakan wajah Anda terasa lebih perih jika dibandingkan dengan menggunakan tomat. Ya, inilah resiko dan pengorbanan yang harus Anda lakukan ketika Anda memilih untuk menggunakan jeru nipis untuk treatment Anda. Setelah membiarkannya selama 5 hingga 10 menit, Anda dapat membilasnya dengan air hangat.

  1. Facial jerawat

Melakukan facial jerawat merupakan salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengusir jerawat batu. Manfaat yang bisa Anda nikmati setelah melakukan facial jerawat secara rutin yaitu mampu membasmi jerawat batu serta kulit menjadi lebih bersih.

  1. Hindari penggunaan bahan kimia dalam obat jerawat

Setiap orang yang memiliki jerawat pasti manusiawi jika ingin menghilangkannya. Namun, cara yang dipakai pun haruslah aman. Terkadang perawatan menggunakan obat jerawat pun menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi jerawat. Akan tetapi, Anda perlu waspada ketika memilih untuk menggunakan obat jerawat. Bersikap selektiflah. Jika Anda memakai obat jerawat produksi pabrik, lihat bahan –bahannya. Apakah mengandung bahan –bahan kimia juga? Seberapa besar komposisi bahan kimia tersebut? Perlu Anda ketahui bahwa bahan – bahan kimia dalam obat jerawat tersebut justru menjadi pemicu tumbuhnya jerawat batu. Jangan sampai, Anda ingin menghilangkan jerawat biasa namun justru mendapat bonus kedatangan jerawat batu.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi jerawat batu yang dapat Anda praktikkan secara mandiri. Cukup mudah bukan? Jika Anda adalah orang yang simple dan pembenci segala sesuatu hal ribet, maka tips di atas dapat menjadi pilihan Anda. Kebiasaan yang harus selalu Anda lakukan adalah rutin membersihkan wajah Anda karena bakteri tidak akan tumbuh pada kulit wajah yang bersih dan sehat.

 

Related Posts

Leave a Reply