Cara Merawat Rambut untuk Wanita Berjilbab

 Rambut

Cara Merawat Rambut untuk Wanita Berjilbab – Islam adalah agama dengan penganut terbanyak di negeri ini, maka tak heran jika ada begitu banyak yang mengenakan jilbab karena ajaran agama. Mengenakan jilbab ibarat mengurung rambut di dalam sangkar tanpa cela, meskipun begitu anda tidak perlu khawatir rambut anda tidak akan bisa bernafas. Anda bisa melakukan perawatan rambut sederhana seperti di bawah ini.

  1. Pakailah Jilbab di saat Rambut Kering

Pastikan menggunakan jilbab di saat rambut anda benar-benar kering. Rambut yang tidak kering ataupun lembab dapat menyebabkan bau yang tidak sedap dan ketombe. Selain itu anda pun akan merasakan gatal-gatal dan kerontokan rambut. Agar tidak terjadi masalah pada rambut anda, keringkan rambut terlebih dahulu dengan handuk atau hairdryer jika anda sedang terburu-buru.

  1. Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kuat

9Bagi anda yang berjilbab, rambut yang panjang biasanya menjadi masalah untuk anda. Agar tidak ribet, anda bisa mengikat atau menggelung rambut anda. Usahakan jangan mengikat rambut terlalu kuat karena anda dapat merasakan pusing di kepala. Usahakan menghindari karet gelang dan jepitan dari logam sebagai alat pengikat agar rambut tidak rusak karena pergesekan rambut dengan kedua bahan tersebut.

  1. Jangan Lupa Menyisir Rambut

Menyisir rambut adalah salah satu perawatan rambut yang paling dasar untuk perempuan berjilbab maupun yang tidak. Untuk mengurangi kerontokan pada rambut, gunakan sisir plastik bergigi jarang.

  1. Kenyamanan adalah Segalanya

Perempuan biasanya cenderung mengatakan, “beautiful is pain” atau terjemahannya cantik itu menyakitkan. Mereka yang mempunyai motto seperti itu biasanya selalu mengutamakan mode ketimbang kenyamanan diri sendiri. Kalaupun anda juga termasuk perempuan seperti itu, anda tetap harus mempertimbangkan kenyamanan anda karena kenyamanan adalah segalanya.

Saat berjilbab pilihlah bahan kain yang nyaman seperti bahan kaos atau katun karena pori-pori pada bahannya dapat melancarkan sirkulasi udara. Jangan memakai jilbab berbahan nila, polyster, atau sejenisnya karena cepat panas ketika terkena sinar matahari sehingga bisa menyebabkan suhu di kepala anda naik.

Usahakan jangan memilih model jilbab yang ribet atau bertumpuk karena model jilbab seperti itu hanya akan membuat kulit kepala anda berkeringat sehingga bisa memicu adanya ketombe, kepala anda pun juga akan terasa gatal.

  1. Keramas Secara Rutin

Mungkin terdengar sepele, tapi seperti menyisir keramas juga salah satu dasar dari cara merawat rambut yang baik. Anda bisa menggunakan jenis shampoo yang cocok untuk rambut anda, dan jangan lupa untuk berkeramas setiap dua hari sekali.

Jika anda termasuk orang yang tidak mau ribet, cukup lakukan keramas secara rutin saja akan dapat menjaga kesehatan rambut anda. Tapi jika anda merasa rambut anda masih kurang, anda bisa menggunakan conditioner, serum, masker rambut, atau produk-produk perawatan rambut lainnya.

  1. Rambut Juga Butuh Istirahat

Ya, rambut juga butuh istirahat. Ketika anda di rumah, anda bisa melepas jilbab anda dan melepaskan ikat rambut anda sejenak untuk memberi waktu bagi rambut anda agar bisa bernafas lega. Tips ini terbukti efektif untuk mengurangi kerontokan dan ketombe yang terjadi akibat rambut terlalu lembab.

  1. Dari Dalam Juga Perlu

Kita sering mendengar bahwa merawat tubuh tidak hanya dari luar, tapi juga dari dalam, begitu pula dengan rambut. Selain merawat dari luar, anda juga harus merawat rambut dari dalam dengan cara mongkonsumsi makanan yang baik untuk rambut seperti buah, sayuran, dan kacang-kacangan yang banyak mengandung protein, vitamin C, vitamin E, vitamin B-12, dan vitamin B-6.

Itulah ketujuh cara perawatan rambut untuk wanita berjilbab yang dapat anda coba di rumah. Selamat mencoba.

 

Related Posts

Leave a Reply