Cara Merawat Rambut Rusak Secara Alami

 Rambut

Cara Merawat Rambut Rusak Secara Alami – Merawat rambut merupakan bagian dari gaya hidup, terutama untuk para wanita yang selalu ingin tampil menarik dan cantik. Sayangnya beberapa wanita tidak pernah menyadari jika rambut mereka tidak sehat melainkan kering dan rusak, padahal banyak sekali ciri-ciri yang menunjukkan jika rambut Anda rusak dan kering, diantaranya bila dirambut rambut akan terasa kasar, bagian ujungnya tampak keriting dan kasar, warna rambut pun berubah, untuk wanita Indonesia yang sebagian besar dilahirkan dengan rambut hitam berkilau jika sudah rusak rambut akan berubah warna menjadi coklat kemerahan, mudah patah meskipun hinya disisir dengan memakai jari tangan dan disaat keramas rambut akan menggumpal menjadi satu.

Anda yang sudah merasakan ciri-ciri dari rambut rusak di atas, harus segera mengatasi rambut rusak sehingga tidak semakin rusak, caranya dengan mengaplikasikan beberapa cara merawat rambut rusak di bawah ini.

Pilihlah sampo yang tepat
Setiap permasalahan rambut membutuhkan formula yang berbeda, tidak tepat jika rambut ketombe dirawat dan diatasi dengan menggunakan sampo khusus untuk rambut yang kering atau rambut rontok. Maka dari itu, setiap brand selalu mengeluarkan varian sampo dengan formula yang berbeda. Pilihlah jenis sampo yang tepat dan sesuaikan dengan permasalahan rambut Anda.

Cara Merawat Rambut Rusak Secara AlamiPakai kondisioner setelah keramas
Rawat rambut rusak dengan perawatan ekstra yakni dengan menggunakan kondisioner setelah selesai keramas dengan sampo. Kondisioner berfungsi untuk melembabkan, melembutkan namun juga menjaga rambut tetap kuat dan sehat. Keramas dengan sampo dan juga kondisioner setidaknya satu kali setiap dua hari, pilihlah sampo dan kondisioner dengan varian yang sama yakni kondisioner untuk rambut rusak.

Melakukan hairmask
Cara merawat rambut rusak adalah dengan melakukan hairmask. Masker rambut ini bisa dilakukan sendiri di rumah dengan mengolah atau meracik sendiri masker rambut Anda atau dengan melakukan masker rambut di salon kecantikan dengan bantuan profesional ada juga masker rambut kemasan yang bisa Anda beli eceran di toko kosmetik. Untuk yang lebih alami dan aman, Anda bisa membuat sendiri masker rambut dengan cara mencampurkan beberapa bahan alami, campurkanlah kuning telur dengan buah pisang, madu murni dan juga minyak zaitun.

Melakukan hair spa
Cara merawat rambut rusak dengan melakukan hair spa. Hairmask dan hair spa sangatlah berbeda dan memiliki fungsi yang juga berbeda. Anda yang memiliki rambut rusak lebih disarankan untuk melakukan hair spa dibandingkan hair mask karena obat yang terkandung di dalam hair spa jauh lebih kuat daripada obat yang terdapat di dalam hairmask. Lakukan hair spa di salon kecantikan.

Tingkatkan konsumsi buah dan sayur segar
Kembalikan kesehatan rambut dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi akan zat besi, vitamin B, vitamin E dan juga zinc. Sayuran dan juga buah-buahan merupakan dua komponen makanan yang sangat tinggi akan kandungan tersebut, pilihlah sayuran dan buah-buahan yang segar.

Tidak menggunakan alat styling yang panas
Agar rambut tidak menjadi lebih rusak pastikanlah jikalau Anda tidak memakai peralatan styling yang memiliki suhu panas, mulai dari hair dryer hingga alat pengeriting dan pelurus rambut. Alat-alat modern ini akan membuat kulit kepala menjadi kering, rambut kering dan bila dilakukan secara berulang-ulang tidak menutup kemungkinan jika rambut menjadi rusak dan rontok.

Cara merawat rambut rusak yang utama adalah dengan mengembalikan kelembaban rambut dan juga kulit kepala dengan berbagai perawatan rambut yang terbaik.

Related Posts

Leave a Reply