Cara Merawat Rambut Berwarna dengan Mudah

 Rambut

Cara Merawat Rambut Berwarna dengan Mudah – Belakangan ini tren tambut berwarna semakin di gemari banyak kalangan. Namun, tak sedikit pula yang mengeluhkan rambut setelah di warnai menjadi lebih kering dan mudah rontok atau terkena masalah rambut lainnya. Maka dari itu di perlukan cara perawatan rambut yang khusus agar rambut yang sudah di cat bisa menjadi sehat, tidak mudah rusak, dan warnanya bisa bertahan lebih lama. Berikut ini cara-caranya  :

 

merawat rambut berwarna (di cat)

Shampo Khusus

Untuk rambut yang sudah diwarnai juga diperlukan shampo khusus. Penggunaan air saaat keramas dapat membuat pigmen kimia dari produk pewarna rambut ini akan berkurang dan membuat warna rambut memudar. Lalu, bagaimana anda bisa keramas tanpa air? Caranya adalah menggunakan shampo khusu untuk rambut yang di cat.

Pilih shampo dengan pH asam yang bisa melindungi pigmen rambut berwarna anda. Hindari penggunaan shampo anti ketombe, karena shampo anti ketombe memiliki kandungan zat kimia yang cukup keras, sehingga dapat membuat rambut menjadi kering dan juga kusam.

 

Pakai Kondisioner

Cara perawatan rambut berwarna juga tak bisa lepas dari peran kondisioner. Rambut yang sudah diwarnai sangat-sangat membutuhkan kondisioner. Rambut yang sudah melalui proses kimia seperti proses penyemiran (pewarnaan) ini sangat mudah terkena masalah rambut, seperti rambut kering, rontok, dan juga kusam.  Maka dari itu diperlukan kondisioner unuk menjaga kelembaban rambut dan membuat rambut tidak mudah patah.

 

Nutrisi Untuk Rambut!

Rambut anda haruslah terjaga nutrisinya agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah rambut. Anda bisa menutrisi rambut anda dengan menggunakan masker rambut, serum atau vitamin rambut. Jika anda menggunakan serum rambut, maka gunakanlah pada saat rambut dalam kondisi setengah kering. Karena pada kondisi seperti ini rambut dapat lebih mudah nutri dalam serum.

Anda bisa menggunakan masker rambut yang sekarang sudah banyak beredar di pasaran. Gunakan masker rambut setidaknya satu atau dua kali setiap minggunya. Pemberian masker rambut dengan teratur bisa melindungi kelembaban dan juga warna rambut.

 

Kurangi Pemakaian Alat Penata rambut

Ingatlah kalau rambut berwarna anda ini lebih sensitif daripada rambut biasa yang belum pernah alami proses kimia. Penggunaan alat-alat penata rambut yang bisa mengeluarkan panas seperti catokan dan hair dryer dapat menurunkan kadar protein rambut. Sehingga, penggunaan alat-alat seperti ini bila terlalu sering dapat membuat rambut kering dan dapat membuat warna rambut berwarna anda menjadi kusam dan warnanya akan cepat memudar. Pastikan anda menggunakan hair dryer maupun catokan tidak lebih dari dua atau tiga kali setiap minggunya.

 

Keramas dengan Air Dingin

Mungkin anda adalah salah satu tiper orang yang suka keramas menggunakan air panas atau air hangat. Mungkin jika anda mandi dengan air hangat anda dapat merelaksasikan otot-otot tubuh setelah seharian melakukan aktivitas. Tapi, berbeda lagi jika anda keramas menggunakan air panas. Dengan melakukan keramas dengan air hangat dapat memperlebar kutikula rambut dan menhurangi tingkat kelelmbaban rambut.

Kalau sudah begini rambut anda nantinya akan lebih mudah mengalami kerusakan. Bukan hanya itu saja, keramas dengan air hangat dapat membuat merusak warna rambut anda. Jadi, mulasi sekarang lebih baik anda keramas menggunakan air dingin saja (air dingin yang saya maksud disini adalah air dengan suhu normal, bukan air es).

 

Hindarilah Sinar Mathari Langsung

Rambut yang terkena paparan matahari secara langsung dapat mudah mengalami kerusakan, warna rambut menjadi kusam dan juga rapuh. Maka dari itu sebisa mungkin anda harus menghindari sinar matahari secara langsung. Kalau anda memiliki aktivitas dibawah sinar matahari anda bisa menggunakan penutup kepala atau payung. Jangan lupa gunakan vitamin rambut yang dapat melindungi rambut anda ketika anda berada di bawah terik matahari.

Merawat rambut berwarna memang susah-susah gampang. Kalau anda tidak bisa merawat rambut berwarna anda, sebaiknya jangan dulu anda melakukan proses pewarnaan rambut. Jika anda sudah memiliki rambut berwarna, maka ikuti cara perawatan rambut untuk rambut berwarna diatas.

 

Related Posts

Leave a Reply