Cara Merawat Rambut Bercabang

 Rambut

Cara Merawat Rambut Bercabang – Masalah rambut yang satu ini sepertinya melanda hampir semua wanita. Rambut bercabang memang bisa terjadi pada siapa saja. Atau mungkin Anda sedang mengalaminya saat ini? Rambut bercabang dan mudah patah terjadi karena kekurangan nutrisi dan kelembaban. Kondisi batang rambut diawali dengan kekeringan, perubahan warna menjadi kekuningan, dan kemudian terbelah menjadi dua atau lebih, serta sangat rapuh.

Kondisi rambut bercabang dapat dipicu karena terlalu sering terpapar sinar matahari langsung, bleaching, kekurangan asam amino, pemakaian produk penata rambut setiap hari, atau kekurangan nutrisi. Agar rambut bercabang Anda lekas pulih dan kembali cantik, rambut Anda juga perlu dirawat. Berikut adalah beberapa cara merawat rambut bercabang yang bisa Anda lakukan.

Trim rambut secara teratur
Rapikan ujung rambut secara teratur untuk menghilangkan rambut rusak dan bercabang. Lakukan paling tidak sekali dalam dua minggu. Hal ini juga dilakukan untuk melancarkan kembali nutrisi sampai ke ujung rambut. Ini adalah solusi jangka pendek untuk Anda.
Massage menggunakan minyak alami

Cara Merawat Rambut BercabangInti dari perlakuan ini adalah mengembalikan kelembaban rambut dengan menggunakan minyak alami. Minyak yang bisa digunakan seperti minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak almond. Massage rambut dan kepala Anda, biarkan selama 30 sampai 60 menit. Lakukan massage sebelum berkeramas lalu bilas hingga bersih. Hasilnya akan segera tampak setelah dilakukan setiap minggu.

Masker telur
Anda bisa menggunakan sebutir kuning telur untuk merawat rambut Anda yang bercabang. Campurkan kuning telur dengan 3 sendok makan minyak zaitun dan 1 sendok makan madu. Aplikasikan campuran pada seluruh bagian rambut lalu tutup dengan shower cap. Biarkan hingga 60 sampai 90 menit. Selanjutnya Anda bisa melakukan keramas seperti biasa dengan shampoo bayi hingga benar-benar bersih.

Masker pepaya
Anda tentu tahu bahwa pepaya sangat kaya akan protein. Rammbut membutuhkan protein untuk melembabkan serta memaksimalkan pertumbuhan rambut. Untuk itu penggunaan masker papaya akan baik untuk merawat rambut bercabang. Anda bisa menghancurkan 200 gram papaya lalu dicampur dengan 2 sendok makan yogurt. Aplikasikan masker papaya ke seluruh bagian rambut. Kemudian tutup dengan shower cap untuk mengunci kelembabannya. Diamkan selama 30 menit, lalu lakukan keramas seperti biasa.

Kondisioner madu
Anda mungkin merasa cukup dengan menggunakan kondisioner dari merk ternama. Tapi, jika kondisioner lain ternyata tidak memberikan hasil yang maksimal, Anda bisa mulai memanfaatkan madu sebagai kondisioner alami. Kondisioner madu mungkin memang akan sedikit memberikan rasa lengket di rambut Anda, namun madu sangat bermanfaat memberikan kelembaban dengan kualitas maksimal.

Anda bisa mengaplikasikan kondisioner alami ini pada rambut setelah berkeramas. Diamkan selama beberapa menit kemudian bilas seperti biasa dengan menggunakan air bersih.

Cukupi nutrisi dan kebutuhan gizi harian Anda
Rambut yang sehat juga ditentukan dari tercukupinya nutrisi dalam tubuh Anda. Minum banyak air putih dan memenuhi kebutuhan vitamin adalah salah satu cara membuat rambut Anda kembali indah.

Hindari styling
Anda sebaiknya menghindari alat-alat penata rambut yang menghantarkan panas. Alat tersebut dapat membuat rambut Anda jadi kering dan kusam. Sebaiknya kurangi atau hindari dulu alat-alat tersebut saat kamu mengalami masalah rambut bercabang. Selain itu, hindari juga mengikat rambut dengan kencang karena Anda hanya akan membuat rambut menjadi tegang dan stres.

Nah, itulah cara merawat rambut bercabang Anda. Lakukan perawatan dengan rutin dan teratur, serta dilakukan dengan benar. Dengan demikian, rambut sehat dan indah akan kembali menjadi milik Anda. Rambut juga harus dirawat, jadi selamat merawat rambut Anda ya!

Related Posts

Leave a Reply