Cara Merawat Kuku Secara Efektif dan Alami

 Kaki dan Tangan

Cara Merawat Kuku Secara Efektif dan Alami – Kuku menjadi bagian lifestyle wanita yang tidak bisa terpisahkan. Kuku ditengarai mampu menunjukkan tanda kesehatan seseorang, kuku rapuh dan berwarna hitam mencerminkan jika tidak dirawat dengan baik. Merawat kuku sudah menjadi kebutuhan karena sama seperti rambut, kuku juga ikut tumbuh, jika kuku dibiarkan saja tanpa dirawat atau dipotong secara berkala, kuku akan menjadi panjang dan kotor, sangat tidak indah dipandang dan terlihat jorok. Merawat kuku sama pentingnya dengan merawat rambut dan kulit, kuku yang sehat dan cantik membuat wanita lebih percaya diri, apalagi jika kuku dihias dengan menggunakan cat kuku atau desain kuku yang cantik. Cara merawat kuku yang tepat bisa disimak di bawah ini:

Rendam di minyak zaitun
Minyak zaitun menjadi bahan alami yang paling banyak dicari karena bahan alami ini memiliki multi fungsi, dapat mengatasi kulit berjerawat, flek hitam dan bekas luka serta baik juga digunakan untuk memerahkan bibir. Untuk menjaga tekstur kuku agar tidak berubah menjadi lembek, Anda bisa mengusahakan untuk meningkatkan tekstur kuku supaya lebih keras dengan merendam kuku memakai minyak zaitun. Biasakan diri untuk merendam kuku dengan air hangat yang telah diberi minyak zaitun selama 15 menit setiap 2x sehari. Fungsinya agar kuku Anda yang mudah lembek karena terlalu lama berendam di air bisa menjadi lebih kuat dan keras sehingga tidak mudah patah.

Cara Merawat Kuku Secara Efektif dan AlamiKonsumsi vitamin B
Manfaat dari konsumsi vitamin B, terutama jenis vitamin B5 adalah untuk mengatasi masalah kuku yang rentan patah dan seringkali pecah-pecah. Konsumsi vitamin B menjadi kebutuhan yang penting, tidak hanya untuk kesehatan dan tumbuh kembang saja, melainkan juga untuk menjaga kesehatan kuku. Vitamin B5 dapat diperoleh dengan mudah, baik di tumbuhan atau hewan, seperti brokoli, hati, kuning telur, ikan, susu dan buah alpukat. Selain dengah mengkonsumsi makanan kaya vitamin B5, Anda bisa menggunakan petroleum jelly secara teratur setiap malamnya agar kilau kuku tetap terjaga dengan baik.

Sementara tidak menggunakan cat kuku
Cara merawat kuku agar tidak mudah rusak adalah dengan mengurangi pemakaian cat kuku atau nail polish sehingga kuku Anda tidak berubah warna menjadi kuning. Cat kuku dengan warna cerah disertai desain kuku yang cantik memang membuat para wanita tertarik untuk mencobanya, namun pemakaian yang berlebihan juga tidak baik untuk kuku karena kandungan bahan kimianya selain itu kuku menjadi lebih sulit untuk mendapatkan nutrisi yang sangat dibutuhkannya.

Jangan hilangkan kutikula kuku
Biasanya ketika Anda mendapatkan perawatan kuku, baik itu manicure atau pedicure, Anda akan mendapatkan perawatan kuku yang lengkap, sebaiknya Anda meminta agar kutikula kuku tidak ikut dihilangkan, kebiasaan menghilangkan kutikula kuku akan berakibat buruk pada kuku, kuku Anda menjadi lebih rentan terhadap bakteri atau kuman sehingga mudah terinfeksi.

Lakukan manicure dan pedicure di rumah
Anda bisa mencoba berbagai bahan alami untuk memanjakan kuku, mulai dengan merendam kuku memakai irisan lemon, air mawar atau minyak zaitun setelah itu memijat kuku dengan minyak esensial, memotong kuku dan sentuhan akhir dengan memberikan vitamin khusus untuk kuku.

Cara merawat kuku merupakan pekerjaan yang mudah, namun akan menjadi lebih sulit jika kondisi kuku Anda sudah memburuk, oleh karena itu, selalu rawat kuku dengan baik sehingga kuku sehat dan cantik selalu tidak terikat dengan problem kuku patah dsb.

Related Posts

Leave a Reply