Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami dengan Menggunakan Tanaman Obat

 Rambut

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami dengan Menggunakan Tanaman Obat  – Anda sering merasa gatal pada rambut, terutama pada bagian tengkuk atau di belakang telinga? Bisa jadi itu adalah serangan kutu. Apalagi jika Anda menemukan bulatan putih yang sulit diambil, bisa saja itu adalah telur kutu. Memiliki kutu di rambut memang hal yang sangat menyebalkan. Jika Anda memiliki kutu di rambut, Anda dapat mencoba beberapa obat kutu alami berikut ini.

BAWANG BOMBAY
Anda bisa menggunakan bawang bombay untuk menghilangkan kutu rambut. Caranya dengan menghancurkan bawang bombay hingga mengeluarkan cairan. Anda dapat menumbuk, memblender, memeras seperti membuat jus, atau lain sebagainya. Cairan bawang bombay ini kemudian dioleskan pada kulit kepala sambil dipijat-pijat sebentar.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami dengan Menggunakan Tanaman ObatMINYAK POHON TEH DAN MINYAK ZAITUN
Minyak pohon teh (tea tree oli) dan minyak zaitun (olive oil) juga dapat digunakan sebagai obat penghilang kutu. Anda hanya perlu mencampurkan kedua jenis minyak ini dalam jumlah takaran yang sama (1:1). Lalu, oleskan campuran ini pada kulit kepala dan pijat perlahan. Diamkan kurang lebih satu jam, lalu bilas hingga bersih. Setelah minyak di rambut hilang, kembali bersihkan rambut Anda dengan vinegar.

Semua orang berpotensi untuk terkena masalah kutu rambut, walaupun Anda selalu merawat kebersihan rambut. Anda bisa saja terkena melalui penularan dari orang lain, seperti saat meminjam sisir teman atau tidur berdekatan. Penularan yang paling mudah adalah melalui alat-alat salon. Seram ya.

Potong Rambut:
Kutu rambut yang telah terlanjur parah akan semakin sulit untuk diatasi jika rambut Anda panjang. Lebih baik Anda memotong pendek rambut Anda, setidaknya sepanjang bahu saja.

Minta Bantuan Orang Lain:
Cara ini adalah cara yang paling kuno, tapi cukup ampuh untuk mengatasi kutu rambut. Anda bisa meminta seseorang mengambil kutu rambut, atau telur kutu yang terlihat pada rambut Anda.

Sisir Bergigi Rapat:
Anda pasti sudah mengenal sisir khusus ini. Sisir khusus ini mampu mengangkat kutu dari rambut. Sisir bergigi sangat rapat ini biasa disebut sisir serit. Seperti sisir pada umumnya, gunakan sisir ini seperti biasa. Sisir rambut Anda dari akar rambut dekat kulit kepala hingga ke ujung rambut tanpa. Kutu akan tersisir dan jatuh. Lakukan cara tersebut berkali-kali.

Minyak Kayu Putih dan Jeruk Nipis
Anda bisa mencampurkan minyak kayu putih dan air jeruk nipis dengan jumlah yang sama. Kemudian usapkan pada rambut Anda hingga basah. Pijat kulit kepala Anda seperti sedang keramas hingga merata. Tutup rambut Anda menggunakan topi mandi. Diamkan selama kurang lebih satu jam. Lalu bilas dan keramas seperti biasa. Sisir rambut dengan sisir serit setelah keramas. Lakukan beberapa kali sampai kutu bersih dari kepala.

Cuka Putih
Telur kutu yang lengket dapat diangkat dengan menggunakan cuka. Caranya, cukup basahi kepala dan rambut Anda dengan cuka. Lalu diamkan selama 30 menit. Sisir rambut Anda menggunakan sisir serit. Telur kutu yang lengket akan mudah diangkat. Kemudian keramaslah seperti biasa. Lakukan beberapa kali sampai telur kutu hilang.

Shampo Khusus:
Terdapat beberapa produk shampo yang khusus untuk kutu rambut. Shampo tersebut bisa Anda gunakan untuk membasmi kutu di kulit kepala. Shampo ini biasanya hanya membasmi kutu rambut dewasa, sedangkan telur kutu masih dapat bertahan hidup. Karena itu, terus lakukan pengulangan keramas memakai shampo khusus hingga masalah kutu rambut Anda teratasi.

Nah, semoga setelah membaca artikel ini, Anda sudah tidak khawatir lagi dengan masalah kutu rambut yang Anda hadapi. Pilih cara yang cocok untuk Anda. Rawatlah dan jaga kebersihan rambut agar rambut Anda semakin sehat.

Related Posts

Leave a Reply