Cara Menggosok Gigi Dengan Benar Sejak Dini

 Wajah

Cara Menggosok Gigi Dengan Benar Sejak Dini – Menggosok gigi merupakan hal yang wajib dilaksanakan untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi. Coba Anda bayangkan apa yang akan terjadi jika Anda tidak menggosok gigi selama berhari-hari, tentunya kotoran dan sisa-sisa makanan akan menempel di gigi membentuk karang gigi yang tebal dan mengakibatkan rasa yang tidak nyaman pada mulut dan gigi, gigi yang tidak digosok selama beberapa hari tentunya akan mengakibatkan bau mulut.

Setiap harinya kita bangun tidur lantas mandi saat mandi inilah kita bisa memanfaatkan waktu untuk membersihkan gigi dengan menggosok gigi. Menggosok gigi wajib dilakukan setidaknya dua kali sehari untuk menjaga kebersihan gigi dan merawat kesehatan mulut. Sayangnya masih banyak yang tidak menggosok gigi mereka dengan cara yang benar. Inilah cara menggosok gigi yang benar yang harusnya Anda terapkan setiap harinya.

Oleskan pasta gigi pada sikat gigi
Peralatan yang Anda butuhkan untuk menggosok gigi adalah sikat gigi dan pasta gigi, kedua alat ini bisa Anda dapatkan dengan sangat mudah karena dijual secara massal di supermarket atau toko klontong lainnya. Langkah pertama menggosok gigi adalah dengan mengoleskan pasta gigi langsung pada sikat gigi Anda, oleskan secukupnya jangan terlalu banyak atau terllau sedikit.

Cara Menggosok Gigi Dengan Benar Sejak DiniTempatkan sikat gigi sekitar 45 derajat
Setelah sikat gigi dioleskan dengan pasta gigi secukupnya, lanjutkan cara menggosok gigi dengan menempatkan sikat gigi tersebut kurang lebih sekitar 45 derajat ke arah gusi Anda. Sikatlah gigi secara perlahan-lahan dengan melakukan gerakan melingkar kecil. Agar seluruh gigi belakang tersikat dengan maksimal, usahakan untuk memilih sikat gigi yang memilih ujung kepala kecil sehingga bisa masuk dengan mudah untuk menjangkau gigi belakang dan membersihkannya.

Sikat gigi dengan gerakan melingkar secara perlahan-lahan karena bulu sikat bisa melukai gusi dan membuatnya berdarah, oleh karena itu selain memerhatikan bentuknya, Anda pun harus memerhatikan kondisi bulu sikat gigi, baiknya pilihlah bulu sikat yang lembut.

Sikat mulai dari atas, bawah dan belakang
Pastikan jika bulu sikat lembut menyikat gigi dengan baik, termasuk sela-sela gigi sehingga sisa makanan yang menyangkut bisa dibersihkan dengan baik dan tidak ada yang tertinggal. Sikat gigi mulai dari bagian atas gigi selama beberapa detik dan lanjutkan pada bagian bawah gigi serta bagian belakang, lakukan dengan perlahan-lahan agar gusi tidak mengeluarkan darah karena terluka oleh bulu sikat gigi. Pastikan jika bagian dalam gigi ikut tersikat dengan baik dengan sikat gigi yang Anda gunakan.

Sikat gigi minimal 2 menit
Untuk mengoptimalkan hasilnya, biasakan untuk membersihkan lidah dengan sikat lidah yang biasanya ada di bagian belakang sikat gigi khusus yang sudah dirancang memiliki sikat lidah. Membersihkan lidah akan membaut mulut terasa lebih segar dan bau mulut pun hilang. Para dokter menganjurkan agar Anda membersihkan gigi dua kali sehari dan membiasakan untuk menyikat gigi minimal 2-4 menit.

Menyikat gigi dengan benar dan baik akan membantu merawat kesehatan gigi dan mulut, sikat gigi yang baik akan membantu menyempurnakan proses membersihkan gigi, untuk hasil akhir yang lebih baik dan memuaskan, biasakan untuk mengganti sikat gigi Anda setiap 3-4 bulan sekali, karena pemakaian sikat gigi yang dilakukan secara terus menerus bisa mengakibatkan kuman yang berada di dalam mulut menempel di permukaan sikat. Cara menggosok gigi dengan baik dan benar harus diajarkan sejak dini sehingga anak bisa menerapkannya hingga dewasa nanti.

Related Posts

Leave a Reply