Cara Mengatasi Uban yang Datang Sebelum Waktunya

 Rambut

Cara Mengatasi Uban yang Datang Sebelum Waktunya – Fenomena munculnya uban diantara rambut atau perubahan warna rambut menjadi abu-abu atau putih, umumnya akan dikaitkan dengan alasan pertambahan usia. Dalam ensiklopedia Encarta, telah dijelaskan bahwa adanya warna rambut disebabkan oleh senyawa yang dinamakan melanin.

Melanin sendiri diproduksi oleh melanocytes. Semakin tua usia seseorang, melanocytes juga akan ikut menua. Dengan demikian, produksi enzim yang bertugas untuk menghasilkan melanin juga menjadi turut berkurang. Hal inilah yang menyebabkan rambut hitam Anda berubah warna menjadi putih atau abu-abu. Rambut tersebutlah yang kemudian biasa disebut dengan uban.

Cara Mengatasi Uban yang Datang Sebelum WaktunyaMungkin banyak sekali diantara Anda yang kurang senang dengan fenomena munculnya uban di kepala Anda. Terlebih lagi jika uban ini muncul saat usia Anda masih relatif muda, atau disebut dengan uban prematur. Jika Anda mengalami uban premature, jangan terburu-buru untuk membeli beragam produk rambut yang berfungsi untuk mencegah uban.

Anda juga tidak perlu terburu-buru menggunakan semir rambut yang mengandung bahan kimia untuk menutupi rambut putih yang muncul sebelum waktunya di kepala Anda. Sebetulnya ada beberapa cara alami untuk mengatasi uban di kepala Anda. Selain itu, Anda juga dapat membuatnya sendiri dan melakukannya sendiri di rumah.

Cara mengatasi uban Anda dengan cara yang tidak alami seperti dengan cara mewarnai rambut Anda dapat membuat rambut Anda tidak sehat lagi. Faktor penting yang sangat membantu untuk mengatasi rambut yang mulai beruban adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Anda sebaiknya mengkonsumsi makanan yang penuh dengan zat gizi serta nutrisi. Pastikan juga Anda banyak mengkonsumsi air putih yang berdungsi untuk melancarkan aliran darah di tubuh Anda, termasuk ke kepala.

Stress yang berlebihan juga memicu munculnya si rambut putih. Dengan begitu, jika Anda mampu mengatasi stress, Anda telah membantu mengurangi tumbuhnya si rambut putih. Sebaiknya Anda juga memperoleh cukup jam tidur atau istirahat. Hal ini mampu membantu dan membuat sel-sel rambut Anda terus beregenerasi. Dengan demikian pertumbuhan si rambut putih juga dapat diperlambat.

Nah, ternyata Anda juga dapat menggunakan larutan teh pekat untuk membantu menghilangkan uban. Teh dapat mencegah rambut Anda cepat berubah warna. Anda dapat melakukannya dengan mulai membasahi rambut menggunakan air teh yang telah didiamkan semalaman. Lakukan hal ini setiap pagi saat bangun tidur. Rambut Anda akan tampak hitam alami tanpa uban yang bisa mengganggu penampilan Anda.

Untuk mengatasi masalah si rambut putih yang muncul sebelum waktunya di kepala Anda, Anda juga bisa memanfaatkan biji buah papaya. Bahan-bahan yang Anda perlu siapkan cukup mudah. Untuk membuat ramuan ini adalah 30 biji pepaya serta 1 sendok makan minyak kelapa. Untuk membuat ramuan ini, pertama-tama Anda harus mencuci bersih biji papaya. Kemudian keringkan biji papaya tersebut.

Langkah selanjutnya adalah menggongseng atau menggoreng biji papaya tanpa menggunakan minyak. Hasil penggorengan biji papaya tersebut kemudian bisa Anda tumbuk sampai halus. Kemudian campurkan hasil tumbukan biji pepaya tadi dengan satu sendok makan minyak kelapa. Gunakan campuran tersebut untuk menggosok bagian dari kulit kepala Anda yang beruban.

Jika Anda melakukannya dengan rutin, Anda dapat mengatasi masalah si rambut putih yang ada di kepala Anda sehingga Anda bisa kembali percaya diri. Penggunaan bahan alami memang sangat dianjurkan dibandingkan dengan penggunaan bahan-bahan kimia. Dapatkan kembali rambut hitam alami Anda!

Related Posts

Leave a Reply