Cara Mengatasi Telapak Kaki Sakit Secara Alami

 Kaki dan Tangan

Cara Mengatasi Telapak Kaki Sakit Secara Alami – Kaki adalah pusat penggerak, tubuh tidak bisa berdiri dengan tegak, bila kaki sedang berada dalam kondisi tidak prima atau sedang mengalami sakit pada telapak kaki. Sakit yang terjadi pada telapak kaki bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari penggunaan alas kaki yang salah, tidak sengaja menginjak benda tajam, ukuran sepatu yang kekecilan, karena jamur, mata ikan, adanya kapalan atau bahkan karena faktor kelelahan.

Telapak kaki sakit akan membuat Anda tidak nyaman ketika sedang berjalan, selain Anda merasa nyeri pada kaki, Anda pun jadi kesulitan untuk berjalan dengan normal. Kaki sakit mungkin bukan menjadi hal yang menakutkan atau mengkhawatirkan karena setiap orang pasti pernah merasakannya, meskipun tetap saja bukan jenis penyakit yang diinginkan. Namun, telapak kaki yang sakit memang sebaiknya segera diobati agar tidak membatasi aktivitas Anda lebih lama. Simaklah beberapa cara memanjakan kaki dan telapak kaki yang sakit di bawah ini:

Cara Mengatasi Telapak Kaki Sakit Secara AlamiRendam kaki
Kaki juga membutuhkan perawatan, banyak orang yang tidak mengacuhkan perihal kondisi kakinya, sehingga cukup banyak orang yang mengeluh akan kaki kapalan, mata ikan bahkan telapak kaki yang pecah-pecah. Rendam kaki adalah salah satu teknik perawatan kaki yang dinilai cukup efektif untuk memanjakan kaki yang lelah dan sakit. Rendam kaki dengan memakai dua jenis air yang berbeda, rendam dengan air dingin pada langkah awal selama beberapa menit setelah itu merendam kaki dengan air hangat, merendam kaki bisa membantu memperlancar sirkulasi darah di daerah kaki sehingga rasa nyeri dan lelah pada kaki bisa sedikit berkurang. Rendam kaki bisa dilakukan dengan berbagai teknik, mulai dari penambahan irisan lemon, kelopak mawar, minyak peppermint atau minyak esensial lainnya. Lemon bisa menghilangkan kuman dan bakteri dalam kaki sedangkan minyak esensial memberikan kesejukan dan rasa nyaman.

Pijat kaki
Pijat telapak kaki sakit bisa menjadi teknik mujarab untuk mengobati rasa nyeri yang seringkali timbul tenggelam membuat Anda merasa tidak nyaman. Pijat kaki dengan menggunakan minyak zaitun atau minyak esensial dengan lembut, berfungsi untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah, terutama diseluruh daerah telapak kaki. Bila Anda menginginkan teknik pijat kaki yang lebih profesional, Anda bisa mengunjungi salon kecantikan tertentu yang menyediakan perawatan refleksi kaki.

Pelapis sepatu
Pelapis sepatu bisa juga disebut dengan ortotik, berfungsi sebagai alat untuk membantu meringankan nyeri pada kaki serta telapak kaki karena flat feet/fallen arches atau kaki datar, merupakan posisi di mana seluruh telapak kaki Anda akan menapak ke tanah disaat Anda melangkah. Alat ini bisa membantu dalam meminimalisir rasa nyeri pada telapak kaki, Anda bisa memperolehnya di toko khusus yang menjual alat kesehatan atau di podiatris, yakni seseorang yang ahli dalam menangani penyakit kaki.

Lotion untuk kaki kapalan
Telapak kaki Anda yang kasar dan kapalan bisa diatasi dengan sangat mudah menggunakan lotion khusus untuk kaki kapalan. Carilah lotion yang memiliki kandungan urea. Oleskan tipis lotion kaki kapalan pada seluruh daerah kaki yang kapalan secara teratur sehingga telapak kaki menjadi lebih halus.

Telapak kaki sakit memang umumnya terjadi karena faktor ringan, namun bila telapak kaki sakit tidak juga sembuh setelah diobati dengan cara manual atau bahkan sering kambuh sewaktu-waktu, pergilah ke ahli penyakit kaki untuk melakukan konsultasi, karena bisa jadi nyeri telapak kaki yang Anda rasakan merupakan gejala dari penyakit berbahaya.

Related Posts

Leave a Reply