Cara Mengatasi Ketombe Dengan Bahan Alami

 Rambut

Cara Mengatasi Ketombe Dengan Bahan Alami – Ada banyak permasalahan kulit yang Anda khawatirkan, entah itu kulit wajah yang kusam, berkomedo, berjerawat dan kering. Sama dengan kulit wajah, kulit kepala dan rambut pun bisa bermasalah. Permasalahan universal yang terjadi pada rambut adalah ketombe, ketombe disebabkan oleh jamur Malassezia, yakni jamur bakteri yang tumbuh dan berkembang di kulit kepala terutama orang dewasa, jamur ini dapat berkembang disaat seseorang tidak merawat kesehatan rambutnya dengan baik, kurangnya perhatian pada gejala rambut berketombe yang tidak lain adalah rasa gatal serta munculnya serbuk berwarna putih yang menempel di kulit kepala.

Bila tidak diatasi dengan baik, jamur pembentuk ketombe akan menyerap minyak alami yang terdapat pada kulit kepala sehingga menyebabkan pergantian beberapa sel mati berukuran cukup besar yang jika dikombinasikan dengan debu serta kotoran akan membentuk sisik putih pada kulit kepala. Ketombe dibedakan dalam 2 kategori, pertama ketombe berminyak dan ketombe kering, pemeriksaan pada dokter ahli dapat memudahkan pengobatan. Berikut ini beberapa cara mengatasi ketombe secara alami yang dapat membantu menghilangkan jamur ketombe dari kulit kepala:

Cara Mengatasi Ketombe Dengan Bahan AlamiCuka dan air
Cuka merupakan obat yang cukup efektif untuk mengatasi rambut berketombe, karena cuka memiliki kandungan potassium serta enzim yang mampu menghilangkan ketombe serta rasa gatal pada kulit kepala. Anda dapat mencampurkan secangkir cuka murni dengan secangkir air bersih untuk memulai proses perawatan.

Langkah awal bersihkan terlebih dahulu rambut dan kulit kepala dengan menggunakan sampo, setelah itu oleskan campuran cuka dan air yang telah Anda buat pada kulit kepala dan rambut secara merata, dan biarkan selama beberapa saat hingga potassium dan enzim dari cuka menyerap dengan maksimal pada kulit kepala, lantas bersihkan rambut dan kulit kepala dengan air bersih. Untuk hasil terbaik, lakukan cara ini selama 2 minggu.

Lidah buaya
Cara mengatasi ketombe baiknya dilakukan dengan memanfaatkan lendir lidah buaya. Lidah buaya memiliki zat aktif baik yang mampu merawat kesehatan rambut sekaligus kulit kepala. Balurkan lendir lidah buaya secara menyeluruh pada kulit kepala maupun rambut, biarkan kurang lebih selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Anda yang ingin hasil lebih cepat, disarankan untuk tidak berhenti melakukan tips ini selama beberapa hari.

Garam
Garam dapur mungkin tidak tepat untuk dikonsumsi disaat Anda sedang melakukan diet mayo, namun akan berbeda cerita jika Anda memakai garam dapur sebagai bahan alami pengusir ketombe. Taburkan garam dapur secara acak pada kulit kepala, gosok rambut beberapa kali mengikuti butiran halus garam yang terdapat pada kulit kepala, lantas bersihkan rambut dengan sampo setelahnya.

Jus lemon dengan jeruk nipis
Keduanya merupakan family dekat dari kelompok buah-buahan dan keduanya juga memiliki sejuta manfaat, baik untuk tubuh dan juga kulit. Atasi ketombe dengan memanfaatkan kedua jenis buah masam ini, oleskan jeruk nipis dan pijat dengan lembut kulit kepala setelah itu ambil segelas jus lemon dan balurkan pada kulit kepala dan rambut, jangan lupa untuk memijat lembut kepala selama beberapa menit, yang bertujuan untuk mempercepat proses penyerapan kandungan alami dari jus lemon dan jeruk nipis. Setelah proses pemijatan dengan kedua jenis jeruk selesai, bersihkan rambut hingga bersih. Rambut Anda akan jauh dari ketombe dan berbau harum.

Cara mengatasi ketombe baiknya dilakukan setelah Anda mengetahui jenis ketombe apa yang Anda alami, konsulitasikan kesehatan rambut dan kulit kepala pada pakar rambut yang tepat.

Related Posts

Leave a Reply