Cara Mencegah Rambut Rontok

 Rambut

Cara Mencegah Rambut Rontok – Rambut adalah mahkota wanita. Anda tentu setuju dengan hal ini. Lalu bagaimana jika mahkota alami Anda yang indah tiba-tiba berguguran satu per satu? Wajar saja jika Anda panik. Tapi, panik saja tidak akan menyelesaikan masalah Anda. Tentu Anda harus melakukan sesuatu untuk menangani masalah Anda. Kerontokan yang terjadi bisa saja terus bertambah parah dan menyebabkan mahkota Anda tidak indah lagi. Anda dapat mencegah kerontokan rambut dengan cara-cara berikut ini.

1. Mengatur Kembali Pola Makan
“You are what you eat”. Ungkapan tersebut cocok untuk menggambarkan betapa makanan sangat berpengaruh terhadap kondisi tubuh kita. Termasuk masalah pada rambut dan kulit kepala. Keduanya banyak timbul karena kesalahan pola makan yang membuat tubuh menjadi kekurangan atau kelebihan suatu nutrisi. Mengatur kembali pola makan akan sangat membantu untuk mencegah kerontokan rambut.

2. Santai
Stress adalah salah satu penyebab rambut rontok. Dengan demikian, salah satu cara untuk mencegah kerontokan rambut dapat dilakukan dengan mengendalikan tingkat stress. Anda harus dapat memanajemen emosi dengan baik.

Cara Mencegah Rambut Rontok3. Konsumsi Vitamin
Rambut dan kulit kepala memerlukan asupan nutrisi. Lengkapi dan penuhi kebutuhan nutrisi tersebut dengan mengkonsumsi vitamin. Beberapa nutrisi yang diperlukan kulit kepala dan rambut Anda antara lain adalah kalsium, zinc, protein dan vitamin D, vitamin B12 dan vitamin B6

4. Memperhatikan Kulit Kepala
Rambut rontok juga dapat disebabkan oleh ketombe. Karena itulah Anda juga harus memperhatikan kondisi kulit kepala Anda. Bersihkan rambut Anda secara rutin untuk mengurangi resiko munculnya ketombe. Jika ketombe telah terlanjur berkembang di kulit kepala Anda, gunakanlah shampoo khusus ketombe. Aplikasikan juga serum anti ketombe setiap saat setelah keramas untuk hasil maksimal.

5. Produk Perawatan Rambut
Anda pasti sudah tahu, penggunaan zat-zat kimia dalam produk perawatan rambut secara terus menerus, seperti cat rambut, krim bleaching, bahkan hair spray dan gel rambut juga dapat menyebabkan kerontokan. Para dermatologist lebih merekomendasikan penggunaan produk-produk perawatan rambut yang dibatasi. Tujuannya adalah memperkecil kemungkinan kerusakan rambut Anda karena produk tersebut

6. Alat-alat Penataan Rambut
Blow dryer, flat iron, ataupun curling iron menghasilkan panas yang dapat membuat rambut Anda menjadi rapuh dan rentan rusak. Hal ini karena air pada helaian rambut Anda akan ikut mendidih sehingga beresiko merusak rambut. Para dermatologi menyarankan agar tidak langsung menata rambut dalam keadaan rambut yang masih basah. Sebaiknya Anda mengeringkan dulu rambut dengan cara mengangin-anginkannya. Selain itu, batasi penggunaan alat-alat penata rambut yang bersuhu tinggi.

7. Aksesoris rambut
Aksesoris rambut yang terlalu ketat pada rambut Anda juga dapat meningkatkan kemungkinan rambut menjadi tertarik dan rontok. Dengan demikian, para dermatologist menyarankan untuk memilih jepit rambut dengan ujung yang membulat atau yang memiliki lapisan sponge. Dengan begitu kontak antara jepit rambut dengan rambut Anda menjadi lebih lembut. Jika Anda sering mengenakan karet rambut, sebaiknya Anda tidak memakainya di posisi yang sama secara terus menerus. Hal ini bertujuan untuk membatasi kerontokan di satu area yang sama.

8. Minyak Alami
Anda juga dianjurkan untuk menggunakan minyak alami seperti minyak zaitun, minyak canola, ataupun minyak kelapa. Panaskanlah minyak alami tersebut sebelum digunakan. Anda dapat menggunakan minyak yang hangat untuk memijat kulit kepala Anda. Tutup menggunakan topi mandi dan biarkan selama satu jam. Setelah itu, Anda dapat membersihkannya dengan keramasi seperti biasanya.

Nah, Anda dapat mencegah kerontokan rambut Anda dengan cara-cara yang telah dijelaskan di atas. Selamat mencoba ya!

Related Posts

Leave a Reply