Cara Memilih Makanan untuk Diet Sehat

 Diet

Cara Memilih Makanan untuk Diet Sehat – Maksud hati ingin mempunyai badan yang ramping, tapi apa daya isi dompet tak mendukung. Ya, kebanyakan obat diet yang ditawarkan memang memiliki harga yang lumayan, lumayan mahal maksudnya. Harga obat diet yang beredar di pasaran memang cukup beragam, dari puluhan ribu hingga ratusan ribu harganya. Tapi, siapa sih yang tak was-was dengan obat diet yang berharga hanya puluhan ribu? Kalau mau aman, ya anda harus beli obat diet yang harganya kurang ramah di kantong anda. Lalu kita kembali ke problem yang pertama, yaitu isi dompet yang tak mendukung.

fsfSebenarnya, dalam diet yang paling penting bukan mengkonsumsi obat diet, namun pemilihan makanannya. Anda harus dapat menjaga nafsu anda dari makanan yang berlemak dan berkalori tinggi tapi dapat menggugah selera anda. Nah, di bawah ini ada beberapa makanan yang tidak boleh anda makan.  Simak cara memilih makanan untuk diet sehat di bawah ini :

 

Nasi Putih

Makanan yang satu ini tergolong salah satu makanan yang mengandung karbohidrat sederhana. Tubuh memproses karbohidrat sederhana lebih cepat dan dapat membuat kadar gula dalam darah meningkat. Jika anda sedang berdiet, hindari makanan yang satu ini. Meski begitu, anda bukan berarti tidak boleh memakan makanan karbohidrat. Cobalah mengganti nasi dengan bahan makanan lainnya yang mengandung karbohidrat kompleks seperti beras merah.

 

Gorengan

Anda pasti tahu bahwa gorengan bukan termasuk dalam makanan untuk diet sehat. Karena itu hindari memakan jenis makan isi karena gorengan mengandung kalori yang sangat tinggi sehingga dapat mengakibatkan penumpukan lemak.

Gorengan itu bukan hanya pisang goreng, tahu isi, ataupun berbagai jenis makanan yang biasanya dijajakan para penjual gorengan. Bahkan, lauk pauk yang anda goreng pun termasuk dalam jenis gorengan. Usahakan untuk tidak menggoreng makanan anda, cukup direbus atau dipanggang.

 

Fast Food

Fast food alias makanan cepat saji juga dapat membuat anda bertambah gemuk, selain itu jenis makanan ini juga tidak baik untuk kesehatan anda.

 

Soda

Orang-orang yang melakukan diet biasanya gemar mengonsumsi diet soda karena mereka mengira selain nikmat, diet soda juga bebas kalori. Padahal tidak, dari sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition membuktikan bahwa diet soda tidak dapat menekan kalori anda, diet soda malah melakukan hal sebaliknya. Anda bisa menebakkan apa yang terjadi kalau sudah begitu? Selain tambah melar, resiko diabetes juga sudah bersiap untuk menerkam anda.

 

Lemak Jenuh

Lemak yang dapat membuat anda bertambah gemuk adalah lemak jenuh. Lemak jenuh juga dapat meningkatkan kolestrol, dan meningkatkan resiko penyakit jantung. Anda dapat menemukan lemak jenuh dalam keju, mentega, krim, minyak samin, minyak babi, suet, minyak kelapa, minyak biji kapas, minyak inti sawit, dan mentega coklat. Berusahalah untuk menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh agar program diet anda berhasil.

 

Smoothies

Minuman yang satu ini memang baik untuk kesehatan karena mengandung buah atay sayuran yang memiliki banyak vitamin. Akan tetapi tahukah anda bahwa smoothies juga mengandung kalori yang tinggi terutama jika dikonsumsi bersama makanan lainnya? Untuk mengantisipasi terjadinya kemelaran atau kegagalan dalam diet anda, anda bisa mengkonsumsi smoothies untuk mengganti porsi makan di pagi atau malam hari.

 

Jus Buah Kemasan

Beberapa mungkin benar-benar mengandung “buah”, namun beberapa sianya pasti hanya air gula yang diberi erasa buah. Kandungan gula, pewarna, dan pengawet yang tinggi di dalamnya. It’s a big NO!

 

Alkohol

Walaupun minuman ini memang menyenangkan, berpuasalah sejenak untuk meminumnya bila anda benar-benar menggemarinya. Alkohol memiliki banyak kandungan kalori yang pastinya dapat membuat anda menyesal di masa depan karena bobot anda.

Ya, itulah beberapa makanan untuk diet sehat yang harus anda hindari.

 

Related Posts

Leave a Reply