Cara Diet Pisang untuk Menguruskan Badan

 Diet

Cara Diet Pisang untuk Menguruskan Badan – Salah satu cara yang terkenal untuk menguruskan badan adalah dengan Morning Banana Diet (MBD) atau yang lazimnya disebut diet pisang. Diet yang berasal dari Jepang ini sudah sangat terkenal di negara asalnya, diet ini juga sudah terkenal di Indonesia.

Cara diet pisang yang cukup unik ini ditemukan oleh seorang warga negara Jepang yang bernama Sumiko Watanabe. Sumiko menggabungkan berbagai macam metode penurunan berat badan untuk membantu suaminya mengurangi berat badannya. Dengan program diet pisang ini, suami Sumiko berhasil mengurangi bobotnya hingga 16,8 kilogram.

Mengapa buah pisang? Pisang banyak mengandung serat, potasium, vitamin B6, dan vitamin C yang sangat baik bagi seseorang yang melakukan diet. Kandungan kalori pada buah ini juga cukup tinggi yaitu 120 sampai 160 kalori dalam sebuah pisang ukuran sedang. Buah pisang juga dapat mencegah anda untuk mengkonsumsi banyak makanan yang tidak sehat karena kebutuhan nutrisi tubuh anda sudah terpenuhi dengan buah pisang.

diet pisangBagaimana cara melakukan diet pisang?

  1. Sebelum sarapan, makanlah sebuah pisang yang sudah matang dan dua gelas air putih. Hal ini akan membantu anda untuk merasa lebih kenyang sehingga tidak memperbanyak porsi sarapan anda.
  2. Saat makan siang, makanlah dengan porsi makan anda seperti biasanya. Anda juga bebas memilih menu makan siang asalkan jangan mengkonsumsi makanan yang berkalori tinggi dan mengandung banyak minyak. Jangan lupa makan sebuah pisang sebelum anda makan siang.
  3. Saat sore hari, anda bisa mengkonsumsi sebuah pisang sebagai ganti camilan.
  4. Saat makan malam makanlah dengan menu favorit anda dan porsi normal seperti biasanya. Meski bebas, bukan berarti anda dapat mengkonsumsi makanan yang berkalori tinggi atau mengandung banyak minyak. Makanlah juga sebuah pisang sebagai ganti makanan berlemak. Usahakan makan malam sebelum pukul 8 malam.
  5. Cara diet pisang yang terakhir adalah mengkonsumsi sebuah pisang setiap malam sebelum tidur, usahakan rutin mengkonsumsi buah tersebut. Dengan melakukan hal ini, anda dapat menghindar dari rasa lapar yang terkadang muncul di tengah malam buta.

Yang harus diingat :

  1. Jumlah buah pisang yang anda makan dalam seharian ada 5 buah.
  2. Anda bisa mengganti pola makan menjadi 2 buah di pagi hari, 2 buah pisang di siang hari, dan sebuah pisang di malam hari jika anda merasa kesulitan dengan cara diatas.
  3. Buah pisang yang akan anda konsumsi selama seharian penuh adalah buah pisang yang disimpan dalam suhu ruangan, bukan dalam mesin pendingin atau kulkas.
  4. Banyak-banyaklah minum air putih. Ketika anda haus, minumlah segelas air putih. Hindari minum air dingin.
  5. Jangan lupa untuk berolahraga untuk memaksimalkan proses diet anda.
  6. Usahakan untuk menghindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi dan mie. Hindari pula makanan yang mengandung banyak minyak seperti gorengan.
  7. Hindari kebiasaan begadang, tidurlah sebelum pukul 11 malam.
  8. Ingatlah bahwa pisang tidak dapat menggantikan peran makanan utama, anda tetap membutuhkan nutrisi-nutrisi dari makanan yang lain. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa menggabungkan pisang dan makanan sehat yang lain agar cara diet pisang ini berhasil.
  9. Ingatlah bahwa pisang tidak dapat menggantikan peran makanan utama, anda tetap membutuhkan nutrisi-nutrisi dari makanan yang lain. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa menggabungkan pisang dan makanan sehat yang lain agar cara diet pisang ini berhasil.

Ya, itulah cara diet pisang untuk menguruskan badan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Related Posts

Leave a Reply