Cara Alami untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

 Wajah

Cara Alami untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah – Memiliki pori-pori wajah yang besar memang kerap kali membuat tidak percaya diri. Ukuran pori-pori seseorang sebenarnya ditentukan oleh faktor genetik. selain itu, gizi dan juga pola hidup bisa mempengaruhi. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi. Untuk mendapatkan pori-pori yang kecil, Anda bisa melakukan hal-hal di bawah ini.

Rutin Membersihkan Wajah
Seel-sel kulit mati, sebum ataupun debu dapat menyumbat pori-pori. Untuk menyingkirkan kotoran itu, Anda tentu harus mem bersihkan wajah Anda. Gunakan pembersih wajah yang mengandung asam salisilat. Dengan begitu sel-sel kulit mati akan segera terangkat. Mencuci wajah dapat mengurangi ukuran pori-pori di wajah Anda terutama jika Anda cenderung menggunakan make up dalam keseharian. Jika dilakukan secara teratur, mencuci wajah pada pagi dan malam hari, serta menggunakan toner untuk wajah Anda dapat membantu mengecilkan pori-pori.

Jangan Sering Menyentuh Wajah
Apa Anda tahu? Sering menyentuh kulit membuatnya menjadi trauma. Hal-hal kecil seperti mencubit pipi, bertopang dagu, memencet jerawat atau sentuhan lainnya akan menyebabkan ruam merah pada kulit Anda. Pori-pori di wajah Anda bisa semakin besar jika sering melakukan ini. Anda juga sebaiknya menghindari kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan yang kotor. Tangan Anda mengandung bakteri pathogen. Saat Anda menyentuh wajah, bakteri tersebut akan berpindah ke wajah Anda. Hal ini akan merangsang produksi minyak atau sebum pada wajah, yang pada akhirnya akan menyumbat pori-pori Anda. Jika ingin menyentuh wajah, pastikan tangan Anda sudah bersih.

Cara Alami untuk Mengecilkan Pori-Pori WajahGunakan Krim
Terdapat beberapa krim khusus yang mampu mempercepat regenerasi kulit sehingga permukaan kulit menjadi lebih halus. Namun pastikan produk yang Anda gunakan telah memiliki izin dari badan kesehatan. Jika Anda ingin lebih yakin, Anda bisa mengunjungi langsung dokter kulit.

Produk Bebas Minyak
Anda harus memastikan bahwa produk make up yang Anda gunakan bebas minyak, atau paling tidak mengandung sedikit minyak. Karena kosmetik yang mengandung minyak dapat membuat pori-pori wajah tampak besar.

Menggunakan Es batu
Es batu yang dingin mampu menyejukkan kulit anda. Perawatan dengan menggunakan bahan satu ini tergolong sangat sederhana. Anda bisa membungkus es batu dengan menggunakan kain bersih atau kapas. Gosokkan dengan lembut dan perlahan ke seluruh bagian wajah. Perawatan ini bisa membantu anda untuk mengencangkan pori-pori wajah secara alami. Lakukan secara rutin setiap pagi hari.

Buah Tomat
Buah tomat adalah salah satu buah yang mengandung vitamin C serta potassium. Kandungannya baik untuk menjaga serta memelihara kecantikan kulit tubuh.
Anda cukup menghaluskan buah tomat. Kemudian aplikasikan pada wajah Anda. Diamkan selama 15 menit, sebelum akhirnya dibilas dengan menggunakan air bersih
.

Pengelupasan
Menggunakan pembersih yang baik, scrub atau peeling juga dapat membersihkan pori-pori. Anda dapat melakukan pengelupasan terhadap sel-sel kulit mati di wajah Anda. Pilihlah scrub yang ringan jika Anda memiliki kulit kering, agar scrub tidak melukai kulit. Oleskan juga pelembab setelah proses eksfoliasi ini untuk mencegah peradangan.

Hilangkan Komedo
Komedo tumbuh akibat lemak yang mengandung bakteri dan dapat menyumbat pori-pori. Karenanya, Anda harus rutin menghilangkan komedo. Anda bisa melakukannya sendiri ataupun facial di salon langganan Anda.
Kosmetik Khusus
Anda dapat menggunakan kosmetik yang khusus untuk wajah dengan pori-pori besar. Kosmetik tersebut biasanya mengandung bahan yang mampu mengecilkan pori-pori wajah. Tapi ingat, gunakan sesuai dengan aturan penggunaannya
.
Steam Wajah
Anda bisa melakukan hal ini sendiri di rumah. Caranya, cukup dengan merebus air dalam panic. Lalu arahkan uap air pada wajah Anda. Lakukan selama kurang lebih 15 menit. Kemudian bilas wajah Anda dengan air dingin.
Hindari Dehidrasi
Air menjaga kulit tetap lembab serta terhidrasi. Jika air yang Anda konsumsi cukup, maka pori-pori yang besar akan berkurang.

Related Posts

Leave a Reply