Bibir Kering dan Pecah – pecah? So What?

 Wajah

Bibir Kering dan Pecah- pecah? So What? – Anda pernah mengalami bibir kering dan pecah- pecah? Pasti tidak nyaman kan rasanya? Apalagi bagi wanita, bibir kering dan pecah- pecah sangat tidak diidamkan bukan? Tentunya, bibir yang manis, lembab dan merona menjadi bibir idaman hampir semua wanita.

Penyebab Bibir Kering dan Pecah- pecah

Kulit pada bibir tidak memiliki kelenjar lemak, oleh sebab itu kulit bibir lebih sensitif. Bibir kering dan pecah- pecah dapat terjadi karena polusi udara yang kemudian menyebabkan iritasi, alergi pasta gigi, lipstick, atau makanan tertentu.

Selain kedua hal diatas, penyebab bibir pecah- pecah dan kering adalah perubahan suhu, merokok, kurang konsumsi buah dan sayur, kurang konsumsi air yang kemudian menyebabkan dehidrasi yang tidak dapat disembuhkan dengan air liur. Bibir kering dan pecah- pecah dapat dicurigai sebagai indikasi dari kekurangan nutrisi dan kekurangan vitamin C.

Bibir Kering dan Pecah- pecahAkibat Bibir Kering dan Pecah- Pecah

Akibat dari bibir kering dan pecah- pecah adalah  bibir mudah terluka, muncul rasa sakit, jika berkelanjutan dapat menimbulkan infeksi pada bibir yang tentunya mengganggu penampilan.

Nah, sebelum anda mengalami bibir pecah- pecah dan kering, ada baiknya anda mencegah bibir kering dan pecah- pecah. Berikut cara mencegah dan mengobati bibir kering dan pecah- pecah :

Mencegah dan Mengobati Bibir Kering dan Pecah- Pecah

  • Gunakan lipbalm yang mengandung pelembab dan tabir surya

Sinar matahari dapat menyebabkan bibir kering dan pecah- pecah, maka penggunaan tabir surya sebagai pelindung bibir sangat penting. Keberadaan pelembab akan membantu melembabkan bibir anda.

  • Membasahi bibir yang kering dengan air putih

Saat bibir terasa kering, basahilah dengan air putih bukan dengan air liur. Dalam air liur terkandung kelenjar dan enzim yang membuat bibir iritasi dan semakin kering.

  • Bersihkan sisa lipstick sebelum tidur

Membersihkan sisa lipstick dapat dilakukan dengan scrub bibir atau membersihkan dengan air hangat.

  • Hindari rokok

Bahan kimia yang terkandung dalam rokok dapat menyebabkan bibir berwarna hitam dan kering.

  • Mengoleskan pelembab bibir sebelum tidur

Malam hari adalah waktu dimana kulit anda menyerap nutrisi. Maka penggunaan pelembab bibir sebelum tidur dapat dijadikan alternatif menghindari bibir kering dan pecah- pecah. Selain menggunakan pelembab yang dapat dibeli di pasaran, anda dapat pula menggunakan madu sebagai pelembab.

  • Konsumsi air putih yang cukup

Minumlah air putih delapan gelas per hari untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh anda. Karena air akan menghindarkan anda dari bibir kering dan pecah- pecah.

  • Konsumsi madu, buah dan sayur

Konsumsi buah dan sayur yang cukup, khususnya yang mengandung vitamin C, B, E dan mineral. Seperti tomat, mentimun, lemon, jeruk,lidah buaya dan wortel.

  • Memakai pelembab bibir alami

Pelembab bibir alami dapat diperoleh dari bahan- bahan alami seperti tomat, mentimun, lemon,lidah buaya, madu dan zaitun. Bagaimana cara penggunaannya, simak berikut ini :

  • Madu

Ambil setetes madu pada jari, oleskan pada bibir sambil pijat dengan lembut. Madu dapat melembabkan bibir, mencegah bibir pecah- pecah dan melembutkan bibir.

  • Lemon

Cuci lemon dan kupas kulit lemon. Campurkan dengan setetes madu. Oleskan kombinasi lemon dan madu pada bibir anda. Lemon akan membantu menghilangkan sel- sel kulit mati.

  • Mentimun

Cuci bersih mentimun, potong tipis- tipis. Pijat bibir anda dengan irisan tipis mentimun. Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi dan memiliki vitamin C yang dapat melembabkan bibir anda.

  • Lidah buaya

Cuci bersih lidah buaya, potong tipis- tipis. Kemudian oleskan dan pijat secara lembut pada bibir anda.

  • Zaitun

Sebaiknya anda menyediakan zaitun yang telah diolah menjadi minyak zaitun. Kemudian oleskan minyak zaitun pada bibir dan pijat lembut.

Sebelum terjadi bibir kering dan pecah- pecah, ada baiknya anda mencegahnya. Terlebih disuasana bulan ramadhan seperti sekarang ini, dimana tubuh kekurangan cairan. Maka dengan kondisi seperti ini, anda akan sangat rawan mengalami bibir kering dan pecah- pecah. Nah, anda dapat menerapkan cara- cara yang sudah disebutkan diatas.

Related Posts

Leave a Reply