Berbagai Jenis Kawat Gigi yang Harus Anda Kenali

 Wajah

Berbagai Jenis Kawat Gigi yang Harus Anda Kenali – Pada umumnya, jika Anda memiliki kondisi gigi atau rahang yang harus diperbaiki, dokter gigi Anda akan merekomendasikan penggunaan kawat gigi atau behel. Nah ternyata, saat ini, berbagai macam behel semakin banyak muncul. Tidak hanya menunjang untuk perbaikan kondisi gigi dan rahang yang bermasalah, berbagai jenis kawat gigi kini banyak muncul dengan berbagai variasi yang membuat Anda tetap percaya diri saat mengenakannya. Nah, berikut terdapat beberapa jenis kawat gigi yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kawat Gigi Metal
Kawat gigi ini memiliki bahan stainless steel dan merupakan jenis kawat gigi yang paling banyak dipakai saat ini. Anda harus memastikan telah memilih kawat gigi dengan kualitas yang baik untuk gigi Anda, karena kawat gigi akan terus Anda gunakan selama 1- 2 tahun. Tentu saja hal tersebut bergantung pada jenis perawatan yang Anda lakukan. Jika Anda memang ingin sedikit memberikan variasi pada kawat gigi Anda, Anda dapat memilih jaret behel yang memiliki warna. Dengan begitu kawat gigi Anda pasti terlihat semakin cantik.

Berbagai Jenis Kawat Gigi yang Harus Anda KenaliKawat Gigi Estetis
Kawat gigi estetis memiliki warna yang serupa seperti warna gigi. Seperti halnya kawat gigi metal, kawat gigi estetis juga sangat nyaman dan efisien untuk dipakai. Selain itu, jenis kawat gigi ini tidak merepotkan dan mengganggu saat Anda ingin menggerakkan gigi. Jika Anda ingin memakai kawat gigi namun tidak ingin terlalu mencolok, kawat gigi inilah yang cocok untuk Anda.

Invisalign
Invisalign merupakan teknologi untuk merapikan gigi Anda tanpa bantuan kawat dan tanpa terlihat. Dengan begini, orang tidak akan mengetahui bahwa Anda sedang melakukan proses perawatan gigi.

Invisalign dibentuk sesuai dengan bentuk dan susunan gigi Anda secara 3 dimensi. Invisalign dibentuk menggunakan teknologi komputer, serta diganti setiap sekali dalam 2 minggu. Bentuk alat ini akan sedikit demi sedikit diubah untuk terus menyesuaikan dengan pergerakan gigi Anda sampai bentuk gigi Anda sesuai dengan yang diinginkan.

Namun, Anda harus tahu bahwa penggunaan invisalign ini terbatas, yaitu hanya dapat digunakan pada kasus-kasus yang ringan dan sedang. Untuk kasus yang parah, invisalign bukan merupakan solusi yang ideal. Karena itulah, Anda harus berkonsultasi dengan dokter gigi jika ingin melakukan perawatan dengan invisalign.

Kawat Gigi Damon
Kawat gigi damon sebetulnya mirip dengan behel metal, namun jenis kawat gigi ini memiliki pengunci kawat sendiri (self-ligating) sebagai pengganti dari penggunaan karet. Kawat gigi damon memiliki keunggulan lebih, yaitu lebih bersih, nyaman, dan Anda dapat menggerakkan gigi dengan lebih leluasa. Selain itu penyesuaiannya juga lebih mudah sehingga Anda lebih mudah mengontrol pergerakan gigi Anda.

Kawat Gigi Lepasan
Jenis kawat gigi ini umumnya digunakan untuk anak-anak usia 8 -12 tahun, atau bisa juga pada kasus-kasus perawatan gigi yang ringan. Kawat gigi ini dapat dilepas dan dipasang karena mempunyai plat akrilik di bagian dalamnya. Kawat gigi ini dapat dipakai setiap hari dan sangat mudah untuk dilepas pada saat makan.

Nah, itulah informasi mengenai beberapa jenis kawat gigi yang perlu Anda ketahui. Jika Anda memang ingin menggunakan kawat gigi, berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter gigi untuk membantu dalam memilih jenis kawat gigi yang tepat bagi gigi Anda. Pemilihan kawat gigi yang sesuai dengan kondisi Anda tentunya sangat penting karena dapat membantu mengatasi kebutuhan dan permasalahan gigi Anda dengan tepat. Selain itu, akan banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika memilih jenis kawat gigi yang tepat, seperti kenyamanan saat melakukan aktivitas mulut, kemudahan perawatan dan mengkontrol, serta hasil perawatan gigi yang maksimal.

Related Posts

Leave a Reply