Bedak Temulawak dan Perawatan Kulit Lainnya

 Badan

Bedak Temulawak dan Perawatan Kulit Lainnya – Temulawak merupakan antioksidan yang baik, asli tanaman dari Indonesia. Temulawak biasa dimanfaatkan untuk bumbu makanan, minuman penghangat badan yang biasa dikonsumsi ketika cuaca dingin. Temulawak diolah sebagai jamu tradisional yang sampai saat ini masih cukup diminati oleh masyarakat Indonesia. Berbicara mengenai temulawak dan manfaat temulawak sebagai tanaman obat bagi kesehatan maupun untuk merawat kecantikan kulit, seperti foundation dari temulawak, minyak pijat dari temulawak, aroma terapi untuk berendam, atau bedak temulawak. Beberapa wanita mencoba untuk mengolah bubuk temulawak sebagai bahan utama atau sekedar pelengkap untuk menghasilkan produk perawatan kulit, baik kulit wajah maupun kulit tubuh. Berikut ini beberapa produk perawatan tubuh yang bisa dibuat sendiri dari bubuk temulawak:

Merendam kaki
Rendaman kaki dari bubuk temulawak dapat megendurkan otot-otot di kaki, pegal di kaki bisa hilang setelah Anda berendam dengan ramuan bubuk temulawak. Masukkan biji mustard dan bubuk temulawak pada air hangat yang telah Anda siapkan untuk merendam kaki. Masukkan kaki ke air rendaman selama 10-15 menit.

Bedak Temulawak dan Perawatan Kulit LainnyaMenyamarkan bekas luka
Kulit yang terbakar, pigmen kulit yang rusak karena terlalu lama berada di bawah sinar matahari, atau bekas luka dapat diatasi dengan temulawak. Cukup dengan memotong melintang temulawak dan gosokkan pada kulit yang memiliki bekas luka maupun luka bakar. Dengan metode alami dari rimpang temulawak, kulit yang terbakar perlahan-lahan akan memudar, bekas luka pun hilang.

Temulawak dan lemon scrub
Temulawak bisa menjadi bahan scrubbing yang efektif untuk menghilangkan flek hitam dan mencerahkan kulit. Buat scrub dari bubuk temulawak, butiran gula pasir, air lemon serta minyak zaitun. Campurkan semua bahan kemudian oleskan scrub alami tersebut pada tubuh, seperti ketika Anda menggunakan lulur. Bahan yang tersisa bisa disimpan di lemari es, namun paling dianjurkan untuk menggunakan scrub temulawak dan lemon sekali buat, sekali pakai saja, supaya lebih fresh. Scrub lemon dengan temulawak dapat menutrisi kulit dan melembabkan sekaligus melembutkan kulit, seperti ketika Anda menggunakan bedak temulawak untuk melindungi kulit dari cahaya matahari dan melembutkan wajah.

Temulawak, minyak zaitun dan kuntum mawar kering
Ketiga bahan ini dapat menghasilkan massage oil yang menenangkan, cara membuatnya pun tidaklah susah. Anda hanya menyiapkan wadah kecil atau mangkuk kecil yang telah diisi oleh minyak zaitun, sweet almond, minyak jojoba, dan hazelnut, tambahkan irisan tipis jahe ke dalam wadah tersebut beserta beberapa kuntum mawar kering ke dalamnya. Massage oil ini memiliki fungsi yang sama seperti minyak urut lainnya, dapat Anda gunakan untuk menghangatkan tubuk sekaligus minyak pijat yang lebih alami dan mudah untuk dibuat, Anda bisa menyimpan minyak alami ini pada botol tertutup agar tidak mudah tumpah.

Aroma terapi untuk berendam
Bubuk temulawak, garam, bubuk kayu manis, dan minyak esensial pun bisa menjadi olahan sempurna untuk berendam. Cukup masukkan semua bahan alami tersebut pada bath tub dan Anda pun bisa langsung berendam ke dalamnya. Sama seperti rempah lainnya, bubuk temulawak dan kayu manis berkhasiat untuk membersihkan tubuh dari problem kulit, seperti jerawat punggung, bau badan dan noda kehitaman, cukup berendam selama 15 menit dan bersihkan tubuh setelahnya.

Setelah menyimak dengan baik penjelasan singkat di atas, Anda telah memahami jika temulawak tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit, sebagai bumbu makanan, namun bisa juga diolah menjadi bedak temulawak, scrub temulawak dan massage oil temulawak.

Related Posts

Leave a Reply