Bagaimana Perawatan Gigi Berlubang yang Benar ?

 Wajah

Bagaimana Perawatan Gigi Berlubang yang Benar – Gigi berlubang menandakan jika kondisi gigi Anda sedang tidak baik, perawatan yang dibutuhkan pun berbeda dengan perawatan yang biasa kita lakukan saat merawat gigi sehat, harus menerapkan perawatan ekstra dengan mulai memerhatikan berbagai aspeknya, mulai dari jenis makanan yang dikonsumsi hingga bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar karena awal mula dari munculnya gigi berlubang adalah karies gigi yang berubah menjadi gigi berlubang bila tidak segera diatasi. Agar gigi berlubang tidak semakin besar hingga harus ditambal atau dicabut, lakukan perawatan gigi berlubang dengan maksimal dengan langkah-langkah berikut ini.

Kenali tanda dan gejala gigi berlubang
Langkah ini akan membantu Anda merawat gigi berlubang dengan perawatan modern dari dokter gigi. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengenali tanda dan gejala-gejala dari gigi berlubang. Mengetahui gejala dan tanda gigi berlubang sejak dini akan membantu Anda mengatasi gigi berlubang sebelum menjadi semakin parah. Anda yang mengalami tanda atau gejala ini kemungkinan besar akan memiliki gigi berlubang.

  • Sakit gigi dan gigi yang sensitif. Rasa nyeri dan sakit disaat mengkonsumsi makanan manis, panas bahkan dingin bisa menjadi tanda awal jika kondisi gigi sedang tidak baik-baik saja.
  • Rasa nyeri ketika menggigit makanan yang keras dan gurih juga bisa dikaitkan dengan gejala gigi berlubang.
  • Munculnya warna kehitaman maupun lubang pada gigi.
  • Dan beberapa lubang biasanya tidak terlihat dan tidak terasa sakit. Karena lubang-lubang ini hanya bisa dilihat dengan memakai sinar x, lampu yang terang atau ultrasound. Anda membutuhkan konsultasi dari dokter untuk mengetahui adanya lubang kecil yang mulai muncul dari gigi.

Bagaimana Perawatan Gigi Berlubang yang BenarKunjungi dokter gigi
Perawatan gigi berlubang bisa Anda dapatkan sejak dini hingga gigi berlubang tidak semakin besar. Disarankan untuk segera mengunjungi dokter gigi setidaknya 2x setahun untuk pemeriksaan gigi dan juga mulut. Akan tetapi bila Anda merasa mulai ada tanda atau gejala gigi yang berlubang, jangalah menunggu selama 6 bulan segera periksakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi secepatnya. Pada saat pemeriksaan Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Awali dengan menjelaskan gejala serta tanda-tanda kerusakan yang Anda alami, hal ini akan membantu dan memudahkan dokter gigi untuk menemukan lubang tersebut.
  • Lakukan pemerikasaan, dokter gigi akan melihat dengan baik dan teliti untuk memastikan apakah ada gigi yang mulai berlubang bahkan sudah berlubang. Biasanya dokter gigi akan memakai alat logam tajam yang berfungsi untuk merasakan titik lunak pada permukaan gigi yang mana akan menandakan adanya lubang pada gigi.

Jalani terapi florida
Perawatan gigi berlubang bisa dilakukan dengan menjalani terapi florida. Terapi ini dilakukan di tahap awal terjadinya lubang, florida akan memperbaiki kerusakan yang terjadi pada gigi dengan baik.

  • Perawatan dengan terapi ini menggunakan gel, pasta atau larutan yang dipakai untuk melapisi gigi serta memperkuat enamel gigi.
  • Dokter gigi memberikan florida dalam dua cara, cara pertama adalah dengan mengoleskannya secara langsung pada gigi yang menunjukkan tanda gigi berlubang atau pada semacam permukaan yang disesuaikan dengan bentuk gigi. Terapi florida ini membutuhkan waktu selama 3 menit.
    Melakukan perawatan gigi berlubang merupakan hal yang harus Anda lakukan jika Anda ingin memiliki gigi yang sehat dan kuat. Segera periksa kondisi kesehatan gigi Anda dengan mengenali tanda atau gejala gigi berlubang dan melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi.

Related Posts

Leave a Reply