Atasi Ketombe dengan Obat Ketombe Tradisional

 Rambut

Atasi Ketombe dengan Obat Ketombe Tradisional – Anda pasti setuju bahwa masalah rambut yang paling menjengkelkan adalah ketombe. Tidak hanya serpihan putihnya saja yang tampak di rambut, ketomber juga menyebabkan rasa gatal di kulit kepala. Ketomber juga bisa membuat rasa percaya diri Anda hilang. Apalagi jika seseorang sampai memergoki keberadaan ketombe di rambut Anda. Seolah-olah Anda adalah seorang wanita yang malas untuk membersihkan dan merawat rambut.

Padahal, ketombe timbul bukan hanya karena malas membersihkan rambut,. Ketombe muncul karena adanya jamur serta kondisi kulit kepala yang kering. Ketombe adalah masalah pada rambut yang muncul dan disebabkan oleh jamur. Jamu ini dikenal dengan nama malassezia atau pityrosporum. Sebenarnya, kedua jamur itu memang hidup kulit pada kepala dan tidak menimbulkan masalah. Namun biasanya, akibat stres atau ketidakseimbangan hormone, jamur tersebut bisa tumbuh tidak terkendali. Lalu pada akhirnya menyebabkan kulit kepala yang terasa gatal dan lepasnya lapisan kulit kepala berupa serpihan. Serpihan kulit kepala inilah yang kita kenal dengan ketombe.

Kebanyakan orang akan memilih dan menggunakan shampo untuk dapat mengatasi masalah rambut yang satu ini. Sekarang ini, memang banyak shampo anti ketombe yang bisa menjadi pilihan. Namun apa salahnya Anda menggunakan ramuan tradisional yang alami untuk menghilangkannya. Penggunaan bahan-bahan alami juga ternyata bisa menjadi sebuah pilihan alternatif yang mujarab untuk membantu mengatasi masalah ketombe Anda.

Atasi Ketombe dengan Obat Ketombe TradisionalJeruk Nipis dan Santan
Perpaduan antara jeruk nipis dan santan dapat membuat kulit kepala menjadi lebih bersih dan juga sehat. Untuk membuat ramuannya, ambil air jeruk nipis kira-kira sebanyak 100 ml. Kemudian campurkan perasan jeruk nipis tersebut dengan 100 ml santan segar. Aduklah hingga rata, kemudian usapkan pada seluruh bagian kulit kepala. Massage dengan lembut, kemudian diamkan selama 30 menit. Keramaslah seperti biasa untuk membersihkannya.

Minyak Zaitun
Minyak zaitun mampu menjaga tingkat keasaman kulit kepala Anda,. Sehingga jamur penyebab ketombe dapat dicegah tumbuh di kulit kepala. Ambillah minyak zaitun secukupnya dan oleskan pada seluruh bagian kulit kepala. Massage dengan ringan dan diamkan selama 30 menit. Kemudian keramas seperti biasa. Jika Anda menginginkan rambut yang lembut, Anda juga dapat mengusapkan minyak zaitun pada helai rambut Anda.

Daging Lidah Buaya
Daging lidah buaya mampu mendinginkan serta menyehatkan kulit kepala. Ambillah daging lidah buaya berukuran sedang, kemudian haluskan. Oleskan daging lidah buaya tersebut pada kulit kepala Anda dan diamkan selama 15 menit. Kemudian keramaslah seperti biasa untuk membilasnya.

Minyak Jojoba (Jojoba Oil)
Minyak jojoba adalah salah satu minyak alami yang paling baik untuk membantu mengatasi ketombe. Kandungan minyak jojoba dapat melembabkan serta menutrisi rambut dan juga kulit kepala. Karena minyak ini merupakan bahan alami, minyak jojoba juga berperan dalam membantu pertumbuhan rambut.

Minyak Kelapa Murni
Minyak kelapa juga merupakan salah satu bahan terbaik untuk dapat mengatasi masalah ketombe. Minyak kelapa sangat cocok untuk membantu mengatasi rasa gatal pada kulit kepala serta membantu menormalkannya. Penggunaan minyak ini juga cukup mudah. Hangatkan minyak kelapa lalu usapkan pada kulit kepala. Massage dengan lembut dan perlahan. Setelah dipijat, biarkan selama beberapa saat agar minyak kelapa bekerja. Kemudian, bilas rambut sampai bersih sebagai tahap terakhir.

Nah, banyak pilihan bahan dan ramuan tradisional serta alami untuk mengatasi masalah ketombe Anda, bukan? Anda dapat mencoba dan mengaplikasikannya sendiri dengan mudah di rumah Anda tanpa harus berangkat ke salon kecantikan.
Selamat mencoba!

Related Posts

Leave a Reply