Apa yang Harus Dilakukan Jika Jerawat Mulai Meradang?

 Wajah

Apa yang Harus Dilakukan Jika Jerawat Mulai Meradang – Jerawat pasti menjadi musuh banyak orang di dunia ini. Orang yang memiliki jerawat tentu saja tak ingin berlama – lama memilikinya sehingga akan melakukan banyak hal untuk melenyapkannya. Tak sedikit orang yang sudah mengetahui bahwa jerawat itu tidak untuk dipencet – pencet. Apalagi digunakan sebagai cara untuk mengempeskannya.

Namun, tak sedikit orang yang memang mungkin tidak memiliki kesabaran sehingga tetap melakukannya, memencet jerawat tersebut. Kandungan bakteri dan kuman pada tangan, menyebabkan jerawat pun semakin menjadi. Bakteri dalam jerawat merasa semakin didukung tumbuh kembangnya hingga menyebarlah ke bagian lain pada wajah Anda. Belum lagi kondisi jerawat yang tadinya biasa saja, justru sekarang jerawat meradang dan menjadi iritasi.

jerawat meradangLalu, apa yang harus dilakukan jika jerawat terlanjur meradang? Apakah hanya bisa menyesali dan berkata: Andai saja aku bersabar dan tidak memencetnya. Oh, tidak bisa. Penyesalan tak akan menyelesaikannya. Justru penyesalan tersebut memberikan Anda pelajaran bahwa lain kali tidak akan mengulangi memencet jerawat.

Selain itu, Anda dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada jerawat Anda. Meskipun Anda dapat menggunakan krim – krim produk dari pabrik, Anda dapat mencoba cara alami berikut ini untuk mengatasi jerawat meradang Anda, untuk meminimalisir sentuhan bahan – bahan kimia pada kulit Anda.

  1. Step 1

Cuci dan bersihkan wajah Anda karena minyak dan debu banyak berkumpul pada kulit wajah Anda. Lakukanlah perlahan agar area kulit yang terdapat jerawat  tidak terasa perih dan sakit.

  1. Step 2

Gunakan lap atau handuk halus untuk mengeringkan wajah Anda. Hindari cara menggosok wajah untuk mengeringkannya, tetapi tepuk – tepuklah perlahan hingga kering.

  1. Step 3

Ambillah obat tetes mata yang biasa digunakan untuk mengatasi iritasi mata. Teteskan pada kapas dan oleskan perlahan pada sekitar jerawat yang meradang. Obat anti iritasi tersebut akan mengurangi memerahnya jerawat dan bengkak pada jerawat Anda.

  1. Step 4

Setelah itu, oleskan pasta gigi pada jerawat Anda dan diamkanlah selama semalam.

  1. Step 5

Tidur dengan menggunakan sarung bantal yang bersih karena bisa jadi sarung bantal Anda mengandung debu dan minyak akumulasi dari saat – saat sebelumnya, sehingga lebih baik menggantinya dengan yang lebih bersih agar jerawat tidak semakin menjadi – jadi.

  1. Step 6

Bersihkan wajah Anda ketika Anda bangun tidur sehingga minyak yang muncul pada wajah Anda ketika Anda tidur dapat Anda hilangkan.

Itu merupakan langkah utama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat meradang Anda. Apakah ada langkah lainnya? Tentu saja. Anda dapat mengompres jerawat Anda dengan es batu selama 30 detik. Kemudian, Anda dapat melakukan cara lain lagi  menggunakan air lemon yang Anda gunakan untuk membersihkan wajah Anda.

Selain itu, kebiasaan atau gaya hidup Anda pun harus diperbaiki seperti membiasakan untuk tidur yang cukup dan melakukan olahraga teratur. Hal tersebut perlu dilakukan untuk  menyeimbangkan hormon akibat stres yang terjadi pada diri Anda. Karena hormon yang tidak stabil justru akan memicu tumbuhnya jerawat.

Asupan serat yang terkandung pada buah dan sayuran dapat menjadi bagian dari perawatan yang Anda lakukan untuk mengatasi jerawat meradang Anda. Sayuran dan buah yang memiliki kandungan air tinggi dapat mengeluarkan racun yang menyumbat pada pori – pori kulit wajah Anda.

Oleh karena itu, baik konsumsi secara langsung buah dan sayuran ataupun penggunaannya sebagai bahan dasar masker untuk melakukan perawatan wajah, keduanya dapat Anda lakukan. Cara alami ini dapat membantu Anda mengatasi ulah Anda yang menyebabkan jerawat meradang. Bukan berarti Anda sudah mengetahui cara mengatasinya, kemudian Anda tetap bandel dan tetap melakukan pemencetan terhadap jerawat Anda.

Related Posts

Leave a Reply