Aneka Modifikasi Model Baju Sasirangan

 Fashion

Aneka Modifikasi Model Baju Sasirangan – Mungkin anda pernah mendengar model  baju sasirangan. Apakah anda tau baju apa itu? Sasirangan adalah salah satu jenis kain yang di digunakan oleh orang Banjarmasin untuk upacara adat. Dengan berkembangnya zaman,di dunia fashion kain ini tidak hanya digunakan untuk upacara saja tapi banyak dijadikan untuk model pakaian, karena motifnya yang unik dan cantik.

Model Baju SasiranganSebelum kita mengetahui model baju apa yang bisa dibuat dari kain sasirangan ada baiknya dulu kita mengetahui berbagai macam motif kain ini. Motif dari kain sasirangan ini sangat banyak, ini beberapa motif dari kain sasirangan dan arti dari motif tersebut:

  1. Motif Gigi Haruan. Asal dari nama gigi haruan merupakan makanan khas dari suku Banjar yaitu ikan gabus. Ikan gabus memiliki gigi yang tajam dan runcing. Oleh karena itu motif dari gigi haruan ini adalah segitiga berjejer seperti gigi ikan gabus yang tajam. Untuk makna sebenarnya adalah ketajaman berfikir.
  2. Motif Kambang Sakaki. Kambang Sakaki memiliki makna sekuntum bunga. Bunga melambangkan keindahan. Motif kambang sakiki ini berbentuk kuntum bunga kecil-kecil menyambung.
  3. Motif Hiris Pundak. Di dalam istilah masyarakat Banjar, pandan disebut juga dengan hiris pundak. Sehingga motif yang berbentuk menyerupai bentuk rerumputan berderet dinamakan motif hiris pundak. Pandan lazim digunakan oleh masyarakat Banjar untuk memasak nasi sehingga harum.
  4. Motif Kambang Kacang. Motif ini berbentuk seperti kambang kacang. Kambang kacang banyak digunakan oleh masyarakat suku Banjar sebagai sayuran. Motif kambang kacang melambangkan keakraban. Ini berfilosofi bahwa orang suku banjar ramah dan mudah akrab dengan orang lain.
  5. Motif Kulat Karikit. Kulat karikit merupakan tumbuhan jenis cendawan yang hidupnya menumpang dengan menempel pada batang atau dahan pohon. Kulat karikit ini hidup mandiri dan tidak merugikan inangnya.

Aneka model baju sasirangan yang menjadi tern saat ini:

  1. Model baju gamis spandek sasirangan

Baju gamis spandek dapat juga dibuat dari kain sasirangan. Bisa menggunakan seluruh bagian baju dengan kain sasirangan bisa juga mencampurnya. Seperti pada bagian atasan gamis menggunakan motif kain sasirangan dan bagian bawah polos, atau sebaliknya.

  1. Model Kemeja Sasirangan Denim Pria

Seperti halnya batik. Kain sasirangan juga bisa dibuat untuk kemeja pria. Baik dibuat dengan kain sasirangan utuh, ataupun dipadankan dengan kain lain seperti denim. Mungkin dengan membuat dua bagian misalnya kemeja berbahan denim pada bagian kanan dan kain sasirangan bagian kiri.

  1. Model kebaya sasirangan

Jika anda bosan membuat kebaya dengan bahan yang biasa. Kain sasirangan bisa jadi bahan lain yang dapat digunakan untuk membuat kebaya. Anda bisa menggunakan motif kambang sakiki yang berarti sekuntum bunga.

  1. Model blazer sasirangan

Modifikasi blazer dengan kain sasirangan bisa menggunakan motif kulat karikit, karena motifnya tidak terlalu rame. Anda bisa mengkombinasikan kain ini dengan bahan lainnya yang bisa digunakan sebagai blazer.

Itulah beberapa model baju sasirangan yang bisa anda buat. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Leave a Reply