Ajaib Bisukit Asin Ditengarai Sebagai Penyebab Gigi Berlubang

 Wajah

Ajaib Bisukit Asin Ditengarai Sebagai Penyebab Gigi Berlubang – Sakit gigi atau rasa nyeri dan rasa tidak menyenangkan lainnya pada gigi bisa disebabkan oleh gigi berlubang. Gigi berlubang membuat sisa-sisa makanan masuk kedalamnya dan bila tidak dibersihkan dengan cepat akan membuat kuman yang berada disana semakin tumbuh dan berkembang sehingga semakin lama gigi berlubang semakin luas mengikis gigi, penampilan gigi yang berlubang pun tidaklah bagus, apalagi jika gigi berlubang disebabkan oleh karies gigi yang menyebabkan warna gigi menjadi kecoklatan bahkan kehitaman.

Gigi berlubang tidak hanya disebabkan oleh kebiasaan buruk yang jarang menggosok gigi, gigi berlubang bisa terjadi karena beberapa penyebab gigi berlubang lainnya yang kebanyakan tidak disadari oleh banyak orang. Inilah beberapa hal yang bisa menyebabkan gigi rusak dan berlubang.

Biskuit asin
Tidak ada yang pernah berpikir jika biskuit asin merupakan salah satu dari penyebab gigi berlubang, karena gigi berlubang kerap kali dikaitkan dengan kebiasaan kita yang gemar mengkonsumsi makanan maupun minuman yang manis. Di lansir oleh sheknows.com, biskuit asin merupakan makanan yang menjadi penyebab utama gigi sehat menjadi berlubang.

Ajaib Bisukit Asin Ditengarai Sebagai Penyebab Gigi BerlubangFakta ini tentunya sangat mengejutkan banyak orang karena sepengetahuan kita selama ini, gigi berlubang disebabkan oleh konsumsi permen, kue dan berbagai makanan manis lainnya, fakta mengejutkan ini tentunya membuat kita semua penggemar biscuit asin merasa terkejut apalagi jika kita sudah mengkonsumsi biscuit asin sejak kecil karena biscuit asin dianggap sebagai camilan sehat.

Biskuit asin mengandung ragi dan telah melalui banyak proses pemasakan kompleks. Tidak banyak orang yang memahami jikalau biscuit asin ini memiliki kandungan bahan-bahan yang diperoleh dengan rekayasa genetika yang pada akhirnya dapat meningkatkan indeks glikemik. Makanan ini mengandung banyak kariogenik yang menyebabkan gigi berlubang.

Cara Menyikat gigi yang kurang tepat
Penyebab gigi berlubang yang selama ini tidak disadari oleh banyak orang adalah cara menyikat gigi yang kurang tepat. Menyikat gigi adalah kebiasaan sehari-hari yang kita lakukan sebagai upaya untuk menjaga kebersihan gigi dan rongga mulut dari kuman dan bakteri, menyikat gigi termasuk dalam aktivitas kebersihan yang mudah untuk dilakukan namun tetap saja banyak orang yang menyikat gigi dengan cara yang kurang tepat.

Beberapa pakar mengatakan jika menyikat gigi sebaiknya dilakukan selama 1-2 menit dan biasakan untuk menyikat gigi dengan melakukan gerakan melingkar bukannya gerakan ke atas bawah atau gerakan ke kiri dan kanan. Untuk menyempurnakan hasilnya, Anda bisa menyikat gigi sambil bercermin sehingga kotoran yang menempel di gigi bisa terlihat dengan lebih jelas.

Gula dan bakteri
Hingga saat ini masih ada mitos yang mengatakan jika gigi berlubang terjadi karena dimakan ulat. Sejak tahun 70-an, seorang dokter gigi yang berasal dari Amerika bernama Willoughby Miller menyebutkan jika gigi bisa berlubang karena gula dan bakteri. Bakteri yang ada di dalam mulut akan mengubah gula dari sisa-sisa makanan menjadi asam serta membuat mulut menjadi asam. Asam ini akan membuat lubang kecil pada gigi dan disaat lubang terjadi pada email gigi, rasa nyeri secara natural akan muncul. Lubang kecil ini bisa menjadi lebih besar disaat ada sisa-sisa makanan yang terselip di dalamnya.

Pemakaian alat yang tidak tepat
Penyebab gigi berlubang ini masih bisa kita hindari. Kita hanya perlu memahami jenis sikat gigi yang bagaimanakah yang sebaiknya digunakan untuk menyikat gigi. Sikat gigi yang tidak berkualitas baik dan tidak sesuai bisa mengakibatkan tidak terjangkaunya semua sisa makanan di sela gigi. Pilih sikat gigi berbulu lembut dengan ujung kepala kecil.

Related Posts

Leave a Reply