Ah, Kenapa Rambut Saya Rontok ?

 Rambut

Ah, Kenapa Rambut Saya Rontok – Mungkin Anda sering bertanya-tanya kenapa rambut Anda berguguran setiap hari, baik saat Anda mandi, selesai mandi, saat menyisir, ataupun saat Anda menatap rambut-rambut Anda yang rontok di atas bantal ketika bangun tidur. Beberapa dari Anda mungkin tidak menganggap serius hal ini, tapi sebagian Anda juga mungkin panik saat helaian rambut indah Anda terus berjatuhan setiap harinya.

Sebenarnya, ada satu hal yang Anda ketahui. Adalah hal yang normal jika jumlah rambut Anda yang rontok setiap harinya adalah sekitar 60 sampai 100 helai saja dalam satu hari. Jika Anda benar-benar ingin memastikan hal tersebut, Anda bisa mengumpulkan rambut Anda yang berguguran dan menghitungnya sendiri. Pertanyaan Anda mengenai alasan mengapa rambut Anda rontok juga wajar dan memang harus dipertanyakan. Jika Anda mengetahui alasan dibalik kerontokan rambut Anda, Anda dapat menangani dan mengatasinya dengan benar.

Ah, Kenapa Rambut Saya RontokDr. Robert Jones dari Hair Transplant Centre mengatakan bahwa wanita yang mengalami kerontokan hingga 80-90 persen biasanya disebabkan karena genetik atau keturunan. Namun, selain itu, kerontokan juga dapat disebabkan oleh hal lain, seperti
• Masalah kelenjar tiroid
• Perubahan hormonal, misalnya karena faktor kehamilan
• Adanya efek samping obat
• Stress
• Bertambahnya usia
• Kekurangan konsumsi zat besi
• Ketidakcocokan terhadap produk perawatan rambut

Dr Robert Jones juga menyatakan bahwa biasanya wanita sudah kehilangan sebanyak 25 persen dari rambutnya sebelum menyadari bahwa ia mengalami masalah kebotakan. Karena itu, sebaiknya Anda mulai memperhatikan kerontokan pada rambut Anda sebelum muncul masalah kebotakan. Anda tentu tidak ingin mengalami hal ini bukan?

Rambut rontok juga dapat disebabkan karena gaya hidup yang tidak tepat. Berikut ulasannya.

TATA RAMBUT YANG SALAH
Sebaiknya hindari penggunaan tata rambut yang salah, apalagi jika dilakukan dalam waktu yang lama. Dengan begini, Anda akan terhindar dari rambut rontok. Wanita yang sering mengikat rambut gaya ekor kuda cenderung mengalami kerontokan lebih cepat dibandingkan dengan wanita yang biasa menguraikan rambut. Selain itu, jangan mengikat rambut terlalu erat karena dapat menimbulkan kerontokan.

PERLAKUAN PADA RAMBUT BASAH
Penyebab rambut rontok lainnya adalah kebiasaan menggosok rambut yang masih basah dengan handuk. Anda harus tahu bahwa kondisi rambut dalam keadaan basah adalah yang paling rapuh. Sebaiknya Anda mengeringkan rambut dengan cara menepukan handuk dengan perlahan pada rambut. Anda juga sebaiknya tidak langsung menyisir rambut Anda yang masih basah. Cukup rapikan dengan jemari Anda.

PENGGUNAAN ALAT PANAS RAMBUT
Penggunaan alat pemanas yang biasa digunakan pada rambut juga memicu kerontokan, seperti hair dryer, catokan rambut, dan yang lainnya. Panas yang dihasilkan alat tersebut menyebabkan rambut jadi rapuh. Sebaiknya keringkan rambut secara alami.

PEWARNA RAMBUT DAN GEL RAMBUT
Penggunakan pewarna rambut ataupun gel rambut juga dapat memicu kerontokan rambut Anda, terutama jika dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama. Sebaiknya Anda menghindari penggunaan pewarna atau gel rambut jika Anda tidak terlalu membutuhkannya.

KETOMBE
Kondisi kulit kepala berketombe juga bisa menyebabkan kerontokan. Ketombe membuat kulit kepala menjadi rapuh sehingga rambut mudah sekali rontok.

STRESS
Selain kondisi dari luar, kondisi dari dalam seperti stress juga bisa menjadi penyebab rambut rontok.

KEKURANGAN NUTRISI
Kekurangan nutrisi juga menjadi faktor penyebab rambut rontok berikutnya. Nutrisi serta vitamin sangat dibutuhkan oleh rambut untuk dapat tumbuh dengan sehat.

MEROKOK
Kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan Anda mengalami kerontokan. Perokok berat diketahui bisa mengalami kebotakan empat kali lebih cepat dibandingkan dengan yang bukan perokok.

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan kenapa rambut Anda rontok? Anda bisa mengatasi masalah Anda dengan lebih baik sekarang. Namun, jika kerontokan yang Anda alami cukup parah, ada baiknya Anda segera berkonsultasi pada dokter. Selamat mengatasi kerontokan!

Related Posts

Leave a Reply