Ada 4 Makanan Lezat yang Menjadi Cara Mencegah Tumbuhnya Uban

 Rambut

Ada 4 Makanan Lezat yang Menjadi Cara Mencegah Tumbuhnya Uban – Anda panik saat menemukan rambut berwarna lebih terang di antara rambut hitam Anda? Uban memang identik dengan orang tua. Tidak heran jika kemunculan uban di antara rambut akan membuat seseorang jadi merasa dirinya telah menginjak usia tua. Padahal, kemunculan rambut yang berwarna abu-abu muda atau putih ini tidak hanya dipengaruhi oleh faktor usia. Kemunculan uban di antara rambut Anda juga dapat dipengaruhi karena kekurangan beberapa zat gizi.

Rambut Anda bisa saja mulai kehilangan warna hitamnya dan berubah menjadi abu-abu karena produksi hormon yang mengatur warna rambut Anda menurun atau berhenti. Kejadian ini bisa disebabkan karena kekurangan vitamin B12, vitamin B9, vitamin E, vitamin C, juga kekurangan zat besi, asam lemak, dan zat gizi lainnya. Zat gizi tersebut bertugas dan membantu produksi sel darah merah serta melanin. Nah, melanin adalah zat yang bertanggung jawab untuk memberi warna pada rambut Anda.

Untuk dapat mencegah kemunculan uban di kepala Anda, tentunya produksi melanin ini harus ditingkatkan. Caranya sebetulnya mudah, yaitu dengan mencukupi kebutuhan zat-zat gizi yang dapat mendukung terbentuknya melanin itu sendiri. Nah, ternyata cara untuk meningkatkan produksi melanin bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan-makanan berikut ini. Tenang saja, Anda pasti menyukai makanan-makanan tersebut karena rasanya yang lezat.

Ada 4 Makanan Lezat yang Menjadi Cara Mencegah Tumbuhnya UbanSAYURAN
Sayuran adalah makanan pertama yang dapat membantu produksi melanin. Pastikan Anda memasukkan sayuran ke dalam pola makan Anda sehari-hari. Tidak hanya dimasukkan, Anda juga harus memastikan sayuran tersebut dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian Anda. Produksi melanin akan meningkat seiring meningkatnya konsumsi sayuran hijau Anda. Konsumsilah sayuran hijau seperti bayam, sawi, seledri, serta sayuran berwarna hijau lainnya.

Jika Anda membiasakan diri meminum segelas jus dari sayuran hijau di pagi hari, pagi Anda akan lebih cerah. Tentu saja ini sekaligus mencegah datangnya uban!

BERRY
Berbagai macam buah berry seperti stroberi, blueberry, raspberry, serta buah berry lainnya sangat kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu, buah-buahan berry ini juga mengandung sangat banyak antioksidan. Ada yang harus Anda ketahui lagi, antioksidan juga bisa mencegah pertumbuhan uban pada rambut Anda.

Salah satu buah berry yang paling ampuh dalam menjaga kondisi rambut Anda adalah buah amla dan gooseberry. Umumnya kedua jeni buah berry ini ada dalam berbagai produk perawatan rambut. Mungkin Anda bisa mulai menggunakannya juga untuk merawat rambut Anda sekaligus mencegah datangnya uban.

SALMON
Salmon adalah salah satu ikan laut yang dikenal karena super lezat ini. Selain itu, salmon memang kaya akan zat gizi, yang tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya, salmon mengandung selenium yang berfungsi untuk membantu produksi berbagai macam hormon di dalam tubuh Anda. Kandungan protein di dalam salmon juga cukup tinggi, sehingga efektif untuk membantu mencegah tumbuhnya uban di kepala Anda. Tidak ada salahnya jika Anda memasukkan ikan salmon ini ke dalam menu makan Anda. Anda bisa mulai merasakan dan mendapatkan berbagai manfaat darinya, salah satunya tentu saja mencegah datangnya uban.

COKELAT
Anda pasti suka sekali dengan yang satu ini. Selain lezat, coklat juga memiliki cukup banyak manfaat bagi kesehatan Anda. Menyenangkan sekali mengetahui bahwa salah satu manfaat dari cokelat adalah mencegah munculnya uban di rambut anda. Makanan lezat ini ternyata mengandung banyak zat yang mampu meningkatkan produksi melanin. Namun, Anda juga harus tetap membatasi diri dalam mengkonsumsi cokelat. Sebaiknya Anda memilih jenis dark chocolate murni untuk memberikan hasil yang maksimal. Selain itu, dark chocolate juga tidak menambahkan terlalu banyak kalori pada tubuh Anda.
Makanan-makanan lezat tadi siap dikonsumsi, kan? Selain lezat, bermanfaat juga untuk mencegah tumbuhnya uban di kepala Anda!

Related Posts

Leave a Reply