6 Cara Menghilangkan Kapalan Di Tangan

 Kaki dan Tangan

6 Cara Menghilangkan Kapalan Di Tangan – Kapalan atau callus merupakan penebalan pada kulit yang kerapkali terjadi di kaki dan tangan. Kapalan atau callus disebabkan oleh tekanan maupun gesekan di kaki dan tangan yang terjadi secara terus menerus sehingga mengakibatkan penebalan di sisi atau telapak tangan. Tangan yang kapalan tentu tidak enak dilihat, tangan tidak terlihat sehat dan cantik. Dibutuhkan bahan alami atau krim penghilang kapalan sebagai cara mengilangkan kapalan di tangan yang cepat dan mudah seperti berikut ini:

 

Rendam Air Hangat

cara mengilangkan kapalan di tangan

Untuk menghilangkan kapalan yang mengganggu di tangan, lakukan perawatan dari yang paling sederhana terlebih dahulu seperti merendam tangan Anda di dalam wadah yang telah diisi dengan air hangat. Merendam tangan di dalam air hangat yang telah dicampurkan dengan sabun mandi maupun teh akan membantu mengatasi kapalan, akan lebih baik dan efektif lagi bila Anda menambahkan cuka, namun penambahan cuka ini tidak dianjurkan bagi penderita diabetes.

 

Kulit Nanas

cara mengilangkan kapalan di tangan

Cara menghilangkan kapalan di tangan dengan kulit nanas. Untuk melakukan perawatan ini, Anda perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan, seperti wadah, irisan kulit nanas, plester luka, sarung tangan dan batu apung.

Setelah semua alat dan bahan siap, maka Anda bisa mengawali perawatan dengan merendam tangan di dalam air hangat kurang lebih selama 20 menit, setelah itu tempelkan bagian terdalam dari kulit nanas pada area kulit tangan yang kapalan lalu rekatkan kulit nanas tersebut dengan memakai plester luka, terakhir tutup dengan memakai sarung tangan dan tunggu selama satu malam.

Lepaskanlah kulit nanas dengan hati-hati tepat di pagi harinya, lalu rendam lagi tangan lagi. Lakukan perawatan ini selama 4 malam berturut-turut agar kapalannya bisa terkelupas dengan lebuh mudah, jangan lupa gosok tangan yang kapalan dengan memakai batu apung.

 

Gosok Dengan Batu

cara mengilangkan kapalan di tangan

Cara menghilangkan kapalan di tangan memakai batu apung. Perawatan ini, harus Anda lakukan setelah Anda selesai merendam tangan dalam air hangat, gosok bagian yang kapalan memakai batu apung. Permukaan batu apung yang kasar akan menghilangkan bagian yang kapalan, namun ingatlah untuk tidak menggosok tangan memakai batu apung secara berlebihan karena bisa membuat kulit lecet bahkan mengelupas dan berdarah.

 

Mencuci Tangan

cara mengilangkan kapalan di tangan

Cara menghilangkan kapalan di tangan dengan rajin membersihkan tangan apalagi setelah proses pengelupasan kulit selesai dilakukan bersama batu apung, cuci tangan Anda sampai benar-benar bersih agar kulit yang telah terkelupas menghilang, cuci dengan air dingin saja.

 

Keringkan Lalu Lembabkan

cara mengilangkan kapalan di tangan

Mengeringkan tangan dengan cara menepuk-nepuknya memakai handuk yang lembut setelah itu gunakan hand lotion untuk menjaga kelembaban kulit tangan. Lakukan perawatan ini setelah selesai mencuci tangan, dan bila Anda ingin beristirahat, kenakanlah sarung tangan agar efek dari hand lotion-nya terasa, hand lotion terserap dengan baik ke kulit.

 

Rawat Tangan

cara mengilangkan kapalan di tangan

Hal yang banyak diremehkan, karena perawatan tangan cenderung dikesampingkan, orang lebih memilih merawat rambut dan wajah ketimbang merawat tangannya. Padahal merawat tangan sangat dibutuhkan untuk menjaga tangan tetap sehat dan bebas dari kapalan. Lakukan perawatan tangan secara permanen agar kapalan tidak balik balik lagi.

Cara menghilangkan kapalan di tangan yang mudah dan juga manjur sudah disebutkan di atas, semoga bisa membantu menghilangkan kapalan yang muncul di permukaan kulit tangan Anda, selamat mencoba dan semoga kapalannya segera hilang, jadi Anda merasa percaya diri lagi untuk keluar tanpa memakai sarung tangan.

Related Posts

Leave a Reply