6 Cara Membuat Cat Kuku Matte Di Rumah

 Kaki dan Tangan

6 Cara Membuat Cat Kuku Matte Di Rumah – Cat kuku matte sedang sangat in saat ini, banyak wanita yang tertarik untuk menghias kuku mereka dengan kutek matte untuk memberikan kesan tampilan lebih modern dan elegan. Namun sayangnya, kutek kuku matte dijual dengan harga yang cukup mahal jadi tidak semua orang bisa membeli kutek kuku matte tersebut apalagi ada kemungkinan kutek kuku matte tersebut tidak akan digunakan lagi.

Kutek kuku lapisan luar atau yang lebih populer disebut topcoat jenis matte banyak beredar di pasaran, lalu bagiamana bila Anda tidak punya kutek kuku matte padahal Anda ingin sekali mengaplikasikan nail art matte?. Mudah saja, ada cara cepat untuk membuat kutek kuku matte baik dalam jumlah botol kecil maupun botol besar.

 

Siapkan Bahannya

cat kuku

Siapa yang menyangka jika kutek kuku matte bisa dibuat dengan mudah hanya bermodalkan beberapa bahan saja dan bahan yang dibutuhkan juga tidaklah merepotkan, semuanya bisa ditemukan dengan cepat. Langkah pertama membuat kutek kuku matte adalah dengan menyiapkan semua bahannya yang terdiri dari:

  • Kutek kuku
  • Pati jagung, bubuk mika, perona mata warna matte maupun bubuk pigmen kosmetik
  • Tusuk gigi untuk yang menggunakan perona mata
  • Pengayak halus untuk mengayak pati jagung (yang menggunakan pati jagung)
  • Kertas persegi berukuran 5×5 sentimeter
  • Kutek Kuku
  • 2-3 ball bearing atau bola baja berukuran kecil
  • Cangkir/piring kecil

 

Pilih Kutek Kuku Serta Bubuk

cat kuku

Setelah semua bahan membuat cat kuku matte siap, pastikan terlebih dahulu jika kutek kuku yang dipakai isinya hanya setengah botol saja.

  • Bagi yang ingin membuat topcoat matte, Anda membutuhkan kutek kuku warna putih bening serta pati jagung maupun tepung jagung.
  • Namun bila Anda ingin membuat kutek kuku matte yang biasa, gunakan saja kutek kuku warna pekat dengan tepung jagung/pati
  • Untuk menciptakan warna kutek kuku sendiri, siapkanlah kutek kuku warna bening, perona mata matte, bubuk pigmen kosmetik dan bubuk mika yang aman untuk dicampurkan kedalamnya, jika ingin hasil lebih matte, tambahkan pati jagung secukupnya.

 

Siapkan Bubuk Pilihan

cat kuku

Cat kuku matte memberikan kesan yang sangat cantik dan berkilauan, untuk membuatnya, pastikan sudah memilih bubuk yang dibutuhkan dengan benar. Anda akan membutuhkan sedikit tepung atau pati jagung, namun bila ingin memakai perona mata matte, gunakanlah semua perona mata matte untuk ½ botol kutek kuku matte.

 

Buat Corong Berbentuk Persegi Ukuran 5×5 sentimeter

cat kuku

Cat kuku matte yang cantik sudah bisa mulai dibuat dengan membuat sebuah corong berbentuk persegi berukuran 5×5 sentimeter dengan cara menggulung kertas menjadi bentuk kerucut lalu pastikanlah jika bagian ujungnya yang runcing sudah membentuk lubang kecil sehingga bubuk bisa melewatinya dengan mudah.Jangan lupa untuk menjaga jarak, karena bagian corong yang rucing harus berada cukup jauh dari kutek kuku, jangan sampai menyentuh kutek kuku.

 

Masukkan Bubuk

cat kuku

Anda bisa memakai sendok teh untuk memasukkan bubuk, atau gunakan saja jari tangah, masukkan bubuk sedikit demi sedkit dan perhatikan kekentalannya, jangan sampai kutek kuku menjadi terlalu kental. Jangan lupa untuk memasukkan 2-3 bola baja kecil sehingga kutek kuku bisa tercampur dengan mudah, pastikan diameter bola tidak lebih besar dari 3 mm, paling baik bila Anda menggunakan bola dari stainless steel. Lanjutkan dengan menutup kutek kuku dan mengguncangkannya selama beberapa menit, jangan lupa untuk berhenti mengguncang ketika Anda tidak mendengar suara bola lagi.

 

Uji Coba Kutek Kuku

Cat kuku matte bisa langsung Anda ujicoba di kuku, bila kutek kukunya tidak tampak matte, tambahkan saja pati jagung, paling baik bila mendiamkan kutek kuku ini selama satu hari baru kemudian digunakan.

Related Posts

Leave a Reply