6 Cara Jitu Mengobati Bau Mulut

 Wajah

6 Cara Jitu Mengobati Bau Mulut – Orang bilang, bau mulutnya orang yang sedang puasa itu bau surga. Tapi memang tidak bisa dipungkiri, orang yang sedang berpuasa memiliki masalah pada bau mulut.Secara teori, hal tersebut disebabkan karena tidak ada cairan yang masuk ke mulut sehingga mulut mengalami kekeringan, kemudian cairan ludah atau yang disebut saliva pun berkurang. Berkurangnya saliva menyebabkan bakteri di mulut semakin banyak sehingga terjadilah bau mulut.

Orang yang tidak berpuasa pun bisa juga lho mulutnya bau. Hal tersebut bisa disebabkan karena tidak menggosok gigi, merokok, konsumsi makanan yang berbau tajam seperti durian, jengkol, pete dan lain sebagainya. Selain itu, orang yang bau mulut dapat dicurigai memiliki masalah kesehatan, karena bau mulut dapat mengindikasikan adanya suatu gangguan dalam tubuh.

Penyakit yang Dideteksi dari Bau Mulut

Menurut Dr.Katz penyakit yang dapat dideteksi dari bau mulut diantaranya adalah :

  • Mulut berbau seperti permen

Seseorang dengan bau mulut seperti permen dapat dicurigai mengidap diabetes melitus. Pada penderita diabetes, tubuh mengalami kekurangan insulin sehingga tubuh tidak dapat mengubah gula menjadi energi, sehingga tubuh memecah lemak. Zat sisa dari produksi insulin ini menghasilkan keton.

  • Cara Jitu Mengobati Bau MulutMulut berbau seperti kapur barus

Jika ada orang dengan bau mulut demikian, kemungkinan memiliki masalah sinus.

  • Mulut berbau seperti susu

Hal ini mungkin terjadi pada orang yang sedang diet. Hal ini mungkin terjadi karena seseorang terlalu banyak mengonsumsi protein dan kekurangan karbohidrat. Maka akan menyebabkan peningkatan keton dalam tubuh.

  • Mulut berbau seperti feses

Mulut yang berbau seperti feses dicurigai memililki infeksi pada gusi.

  • Mulut berbau amis

Mulut berbau amis dicurigai adanya masalah pada ginjal. Tidak berfungsinya ginjal akan menyebabkan peningkatan nitrogen. Nitrogen inilah yang menyebabkan bau mulut.

Nah, bau mulut seringkali menyebabkan seseorang merasa tidak percaya diri. Rasanya mau bercakap- cakap dengan orang lain saja agak canggung karena khawatir diledek kalau mulut kita bau. Maka bau mulut merupakan salah satu hal yang harus diatasi. Mari kita simak cara mengatasi bau mulut berikut ini :

Cara Mengatasi Bau Mulut

  1. Menggosok gigi

Menggosok gigi adalah cara paling mudah dan murah untuk menghilangkan bau mulut. Gosok gigi anda 2 kali sehari yaitu pada pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Anda juga dapat menggosok gigi pada saat mandi ataupun setelah makan. Gunakan sikat gigi yang bersih dan pasta gigi. Anda juga bisa menambahkan dengan penggunaan mouthwash. Nah satu lagi yang perlu anda perhatikan yaitu penggantian sikat gigi setiap 3 bulan sekali, sehingga dapat mencegah tumbuhnya bakteri pada sikat gigi.

  1. Konsumsi air putih yang cukup

Minum air cukup dapat menjaga agar mulut tetap lembab. Konsumsi air putih minimal 8 gelas per hari.

  1. Konsumsi buah dan sayur

Mengonsumsi buah dan sayuran akan meningkatkan produksi saliva. Beberapa buah yang dapat mengobati bau mulut adalah apel dan stawberry. Hindari konsumsi sayur dan buah yang berbau tajam seperti durian, jengkol dan petai.

  1. Konsumsi teh hijau dan teh merah

Teh hijau dan teh merah memiliki kandungan senyawa polifenol yaitu zat yang hampir mirip antioksidan. Senyawa tersebut dipercaya dapat membunuh bakteri dalam mulut.

  1. Hindari alkohol, merokok dan makanan yang menyengat

Alkohol, rokok dan makanan yang menyengat harus dikurangi ataupun dihindari jika anda ingin mengurangi bau mulut.

  1. Periksa gigi

Periksakan gigi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali untuk menjaga kesehatan gigi anda dan menghindarkan anda dari bau mulut.

Maka, merawat diri dengan baik hukumnya wajib. Mulailah merawat diri dari bagian tubuh terkecil seperti mulut.

 

Related Posts

Leave a Reply