5 Tips Mengatasi Kulit Kering

 Badan

5 Tips Mengatasi Kulit Kering – Sinar matahari, debu, kekurangan asupan makanan bernutrisi tinggi akan membuat kulit menjadi kering dan kusam. Kebiasaan buruk keluar rumah tanpa menggunakan tabir surya akan membuat kulit mudah terbakar oleh sinar matahari dan kusam karena terkena polusi udara, hal ini diperburuk dengan kebiasaan makan Anda yang buruk, yang tidak mengkonsumsi makanan berserat dan bernutrisi tinggi serta tidak minum air putih 8 gelas setiap harinya. Mengatasi kulit kering sebenarnya tidak sulit, yang Anda butuhkan adalah bahan-bahan alami, kesabaran dan konsistensi tinggi. Berikut ini beberapa tips mengatasi kulit kering dengan memanfaatkan bahan-bahan alami efektif dan minim efek samping:

Ikan dan biji rami
Anda bisa mengatasi kulit kering dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung EFA, yakni asam lemak esensial yang mana mampu untuk menjaga kulit tetap terhidrasi sekaligus melindungi kulit dari radikal bebas dan kerusakan.

Tips Mengatasi Kulit KeringCukup dengan mengkonsumsi bahan makanan yang tinggi akan kandungan asam lemak esensial, seperti ikan dan biji rami, dua makanan ini bisa Anda masukan ke dalam daftar makanan sehari-hari yang tidak hanya baik untuk tubuh namun baik pula untuk kulit karena minyak biji rami dapat membuat kulit menjadi lebih lembut dan halus.

Oatmeal/gandum
Selain mengkonsumsi ikan dan biji rami yang di dalamnya terkandung asam lemak esensial, Anda dianjurkan untuk melembabkan dan menghaluskan kulit dengan menggunakan oatmeal atau gandum. Senyawa kimia yang terdapat di dalam gandum, yakni avenanthramides, mampu membantu melawan peradangan serta kemerahan pada kulit.

Anda bisa menghancurkan oatmeal secukupnya, tambahkan air bila perlu, hancurkan dengan menggunakan food processor lantas oleskan secara merata pada kulit yang kering dan kasar. Tunggu selama 15 menit lalu bilas kulit sampai bersih. Tips mengatasi kulit kering ini akan bekerja dengan sangat baik apabila dilakukan dalam jangka waktu yang lama, jika memungkinkan lakukan selamanya seperti rutinitas harian Anda mandi sebanyak 2-3 kali sehari.

Petroleum jelly
Selesai membersihkan badan, Anda bisa mengoleskan petroleum jelly ke seluruh tubuh, terutama bagian kulit tubuh yang kering dan kasar, lakukan disaat kulit badan masih basah. Setelah selesai mengoleskan petroleum jelly, bungkus badan Anda dengan memakai pakaian katun yang akan membantu mengunci kelembaban pada kulit badan setelah proses perawatan selesai.

Minyak zaitun
Sudah dimanfaatkan sejak lama sebagai bahan alami yang baik untuk merawat kesehatan dan kecantikan rambut dan kulit. Minyak zaitun dapat melembabkan dan melembutkan kulit yang kering dan kasar. Menjelang tidur dan sesudah mandi di pagi hari, Anda bisa mengoleskan minyak zaitun secara merata pada kulit badan, untuk perawatan di malam hari, biarkan hingga keesokan paginya baru kemudian bilas kulit sampai bersih dengan air.

Minum banyak air putih
Cara lainnya yang ampuh dan aman untuk membantu menjaga kelembabkan kulit adalah minum air putih secukupnya. Kulit yang kering dan kasar biasanya disebabkan oleh kurangnya cairan dan dehidrasi pada tubuh, dan untuk mengatasi kondisi ini, Anda harus banyak minum air, pastikan jika tubuh Anda mendapatkan pasukan air minum sebanyak 8 gelas setiap harinya, sehingga tubuh tidak akan mengalami dehidrasi dan kulit tidak berubah menjadi kering, kasar dan kusam.

Tips mengatasi kulit kering di atas merupakan tips murah, mudah dan aman yang bisa Anda aplikasikan setiap hari. Bahan-bahan yang diperlukan hampir semuanya ada di rumah dan air pun bisa kita dapatkan dengan mudah karena Indonesia termasuk negara yang subur, lakukan perawatan secara teratur untuk kulit lembut sepanjang waktu.

Related Posts

Leave a Reply