4 Tipe Pemasangan Gigi Palsu

 Wajah

4 Tipe Pemasangan Gigi Palsu – Tidak ada yang bisa menebak kapan tepatnya gigi yang pada awalnya sehat menjadi rapuh, keropos bahkan tanggal. Gigi tanggal biasa terjadi disaat usia sudah lanjut namun dalam beberapa kasus gigi tanggal bisa terjadi pada mereka yang berusia muda, kebanyakan karena kecelakaan. Gigi yang tanggal harus diperbaiki dengan segera apalagi jika gigi yang tanggal berada di deretan gigi depan, tentu Anda tidak ingin dibilang ompong di usia muda, bukan.

Gigi yang tanggal biasanya diperbaiki dengan pemasangan gigi palsu. Gigi palsu ini akan berfungsi sebagai gigi pengganti yang setidaknya bisa membantu menyempurnakan penampilan Anda meskipun tidak sebaik gigi asli. Ada beberapa jenis serta tipe gigi palsu yang bisa Anda pakai untuk menggantikan posisi gigi asli yang tanggal. Berikut ini 4 jenis gigi palsu yang populer dan seringkali digunakan.

4 Tipe Pemasangan Gigi PalsuPaket gigi palsu standar
Memasang gigi palsu dengan menggunakan paket gigi palsu standar yang dibuat secara khusus untuk meraka yang sudah kehilangan semua giginya, biasanya terjadi karena sudah tua dan semua giginya tanggal dimakan usia. Pada bagian atasnya gigi palsu standar akan dibuat kosong untuk menjaga serta mempertahankan jaringan yang ada di bawahnya sehingga tetap stabil. Setidaknya ada 4 level untuk mendapatkan satu set gigi palsu standa ini, yakni.

  • Tahap pertama dimana pengujian mulut dilakukan
  • Tahap kedua untuk membuat serta mengatur letak gigi palsu
  • Tahap ketiga dimana uji coba lilin dilakukan
  • Tahap keempat merupakan proses pemasangan gigi palsu yang baru

Gigi palsu immediate
Pemasangan gigi palsu ini akan dilakukan dengan sungguh-sungguh sebelum gigi alami pada akhirnya dicabut. Pada umumnya, pemasangan gigi ini dilakukan pada pasien yang telah mengalami kerusakan gigi yang cukup parah. Proses pembuatan gigi ini sangatlah cepat dan tidak akan memakan waktu yang lama.

Pada mulanya, gigi pasien akan dicabut lantas gigi palsu pre-fabrikasi dimasukkan secara langsung di atas gusi yang masih berdarah. Pada saat itu, pasien akan dibius dan setelah proses pemasangan gigi pengganti ini dilakukan, biasanya pasien tidak akan mengeluhkan rasa sakit.

Gigi palsu Cu-Sil
Pemasangan gigi palsu Cu-Sil. Cu-Sil adalah jenis gigi tiruan yang mana tetap memakai gigi alami sebagai penopang utamanya agar gigi palsu menjadi lebih kuat. Pada umumnya, karet yang dipakai adalah karet silicon bantalan gigi palsu yang dibuat berlubang untuk membantu menempatkan beberapa gigi alami serta melengkapi gigi palsu.

Implan gigi palsu
Merupakan proses memasang gigi palsu dengan memasang ‘sekrup’ titanium yang mana ditempatkan dengan baik pada lubang yang sebelumnya telah dibor ke dalam tulang untuk dapat memperkirakan posisi gigi dengan lebih mudah. Sekrup titanium ini akan berfungsi untuk membantu melekatkan gigi palsu ke gusi serta membantu menstabilkan gigi palsu dengan memberikan topangan secara vertical.

Pemasangan gigi palsu ini akan membantu menggantikan peran gigi alami yang sudah tidak bisa berperan dengan baik sebagaimana mestinya. Gigi palsu mungkin tidak sebaik gigi murni yang tumbuh secara alami akan tetapi pemakaian gigi palsu ini jauh lebih baik dibandingkan tidak memiliki gigi sama sekali, karena selain baik untuk penampilan, peran utama gigi adalah untuk membantu mengunyah, menggigit dan memotong makanan. Bila tidak ada gigi, tentunya kita akan merasa tidak nyaman dan tidak bebas untuk mengkonsumsi makanan yang kita sukai.

Related Posts

Leave a Reply