4 Penyebab Kulit Kering

 Badan

4 Penyebab Kulit Kering – Kebanyakan orang tentunya pernah merasakan memiliki kondisi kulit yang kering. Menurut dr Eddy Karta, SpKK, seorang spesialis kulit dan juga kelamin, ada beberapa penyebab kulit kering. Kulit kering ini membuat Anda kurang nyaman karena cenderung membuat kulit menjadi lebih kusam dan kasar. Mengatasi kulit kering bisa dilakukan dengan secepatnya, asalkan Anda mengetahui apa yang menjadi penyebab utama kulit kering. Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

Level kelembaban
Kulit yang kering ini disebabkan oleh level kelembaban. Contohnya disaat Anda sedang berada dalam ruangan yang memiliki pendingin AC. Pendingin dan penyejuk ini akan menyerap sekaligus mengeringkan air dari dalam tubuh dengan sangat cepat sehingga kelembaban kulit menjadi berkurang. Anda yang tinggal selama beberapa jam setiap harinya di dalam ruangan ber-AC disarankan untuk keluar ruangan selama beberapa saat, hal ini akan membantu menjaga kelembaban kulit.

4 Penyebab Kulit KeringRadiasi matahari
Salah satu penyebab kulit kering adalah radiasi matahari. Paparan sinar matahari ini dapat bergerak dengan baik untuk mempercepat turn over rate kulit, kulit dipaksa untuk mengelupas sebelum saatnya. Hal ini mengakibatkan bagian bawah kulit yang belum siap menjadi kurang lembab karena kehilangan kelembaban.

Sinar matahari mengandung UVA dan UVB yang mana mampu untuk meningkatkan risiko penuaan dini, kulit terbakar bahkan kanker kulit. Apabila paparan sinar matahari yang mengandung dua energi negatif ini terpancar secara langsung pada kulit maka kulit akan menjadi kering dan rusak.

Terlalu sering membersihkan tubuh
Satu dari sekian banyak penyebab kulit kering adalah terlalu sering membersihkan tubuh. Disaat Anda membersihkan tubuh, terutama saat memakai sabun yang memiliki kandungan keras, maka secara langsung minyak alami yang diproduksi oleh tubuh terbuang. Hal inilah yang lama kelamaan akan membuat kulit tubuh menjadi kering dan kasar. Maka dari itu, biasakanlah untuk tidak membersihkan badan terlalu sering, cukup 2 kali sehari.

Gaya hidup
Faktor lainnya yang bisa membuat kulit menjadi kering karena kehilangan kelembaban adalah gaya hidup yang tidak sehat. Banyak sekali gaya hidup yang bisa membuat kulit menjadi kering dan tidak sehat, diantaranya adalah merokok, stres serta program diet yang tidak seimbang. Agar gaya hidup tidak memberikan pengaruh bagi kesehatan kulit Anda, maka segera ambil tindakan disaat Anda mengalami stres, lakukan program diet dengan baik dan usahakan untuk berhenti merokok. Gaya hidup yang tidak sehat ini selain tidak baik untuk kesehatan kulit juga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Langkah yang bisa Anda ambil untuk mengatasi kulit kering adalah dengan menjaga kulit tetap lembab. Biasakan untuk membersihkan diri dengan memakai air yang suhunya tidak lebih dari 49 derajat Celcius dan maksimalkan kegiatan fisik Anda sehingga Anda berkeringat dengan lebih sering.

Berbagai penyebab kulit kering yang telah dijelaskan dengan singkat di atas, adakah yang Anda alami saat ini, jika ada, cobalah untuk mengatasinya dengan merubah penyebab yang ada menjadi hilang secara menyeluruh. Kulit kering tandanya tidak sehat, kulit kering bisa mengakibatkan banyak permasalahan kulit, entah itu kulit kasar, mengelupas hingga kulit yang kusam. Atasi kulit kering dengan mengatasi penyebab yang muncul, jika kulit kering disebabkan oleh kulit yang kekurangan pelembab maka cobalah untuk melembabkan kulit tiap harinya dengan mengoleskan lotion pelembab secara menyeluruh pada kulit tubuh.

Related Posts

Leave a Reply