4 Faktor Penyebab Hidung Pesek Secara Ilmiah

 Wajah

4 Faktor Penyebab Hidung Pesek Secara Ilmiah – Apa yang ada dalam tubuh kita, termasuk panca indera merupakan anugerah yang diberikan oleh tuhan. Ada yang diberikan keindahan fisik dengan bentuk wajah yang bagus, hidung yang mancung, bibir mungil tipis, mata yang besar dan pipi tirus tajam.

Kesempurnaan dan keindahan fisik orang lain seringkali membuat orang merasa kurang percaya diri, tidak heran jika banyak orang Indonesia yang melakukan operasi plastik untuk memiliki hidung mancung karena mayoritas penduduk Indonesia memiliki hidung pesek. Mungkin terdengar tidak masuk akal karena ternyata penyebab hidung pesek itu sangat beragam.

Suka Ngupil

penyebab hidung pesek - suka ngupil

Mungkin tidak banyak yang tahu atau pernah mendengar, jika ternyata terlalu sering ngupil itu bisa menyebabkan hidung pesek. Bagi dojter THT, kebiasaan ngupil tidak hanya menjijikan namun juga bisa membuat seseorang memiliki hidung pesek. Dr Agus Subagio, SpTHT, yang merupakan spesialis THT dari Rumah Sakit Puri Indah berkata jika kebiasaan ngupil dapat memengaruhi kondisi mukosa maupun lapisan tipis rongga hidung. Jari tangan masuk saat seseorang ngupil bisa melukai mukosa yang kemudian berpotensi tinggi masuknya kuman yang menyebabkan infeksi.

Infeksi ini bisa mengakibatkan pembengkakan atau munculnya nanah dan bila makin parah bisa memengaruhi tulang rawat dan membuat hidung pesek. Risiko infeksi ketika ngupil juga dapat meningkat bila dibarengi dengan kebiaasan mencabuti bulu hidung, kondisi ini akan membuat kuman lebih mudah masuk dalam peradaran darah karena mencabuti bulu hidung bisa memicu luka. Ngupil memang tidak disarankan untuk dilakukan, namun bila sangat terpaksa dan ingin melakukannya, pastikan bila jari tangan Anda sudah bersih dari kuman.

Volume Hidung

penyebab hidung pesek - volume hidung

Penyebab hidung pesek pada orang Indonesia yang memang termasuk pada kategori blade nose atau hidung pesek. Hidung pesek memiliki kontur tulang hidung yang mendatar atau tidak menonjol. Dan jika ingin melakukan perubahan, baik menambah maupun mengurangi volume hidung, biasanya seseorang akan berkonsultasi pada dokter ahli.

Untuk membuat hidung pesek menjadi lebih mancung itu lebih mudah daripada sebaliknya, membuat hidung mancung berarti menambah volume, sudah ada teknologi serta alat yang mampu membantu melakukan tindakan penambahan volume tersebut. Tindakan mengubah hidung akan melibatkan perubahan struktur tulang hidung sedangkan tindakan penambahan volume tidak termasuk dengan pengubahan struktur tulang hidung.

Adaptasi Lingkungan

Penyebab hidung pesek

Penyebab hidung pesek juga bisa jadi karena faktor lingkungan. Para peneliti berpendapat, jika perbedaan bentuk hidung seseorang itu berevolusi dalam lingkungan berbeda, peneliti menilai jika bentuk hidung sempit yang dimiliki oleh orang Eropa terkait karena adaptasi lingkungan dan cuaca setempat dimana mereka menetap.

Genetika

Penyebab hidung pesek

Penyebab hidung pesek yang sudah jelas pasti faktanya adalah karena faktor genetika. Karena mayoritas penduduk Indonesia memiliki tipe hidup pesek, maka sebagian besar orang Indonesia memiliki hidung pesek, kecuali bila genetikanya berubah, seperti ketika ada pernikahan persilangan antar rasa/negara, dari ras asia dengan kaukasia. Percampuran kedua ras yang berbeda akan menghasilkan susunan genetika yang berbeda, jadi anaknya nanti bisa memiliki hidung yang pesek atau mancung atau ditengah-tengahnya.

Penyebab hidung pesek ternyata sangat beragam ya? dari yang paling unik dan menjijikan hingga yang paling ilmiah dan sesuai fakta. Dan bila Anda termasuk orang yang memiliki hidung pesek, maka syukurilah apa yang ada, karena hidung yang diberikan tuhan yang saat ini Anda miliki adalah tipe hidung yang paling Anda butuhkan. 

Related Posts

Leave a Reply