3 Penyebab Ketiak Hitam

 Kaki dan Tangan

3 Penyebab Ketiak Hitam – Pada umumnya, kulit ketiak kita memiliki rona warna yang sama dengan kulit badan lainnya, namun secara perlahan-lahan warna kulit ketiak bisa menghitam. Kulit ketiak yang hitam bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari penggunaan deodorant setiap harinya hingga proses mencukur atau mencabut bulu ketiak yang membuat kulit tergores, terluka bahkan sampai mengeluarkan darah.

Kulit ketiak hitam menghilangkan pesona dan rasa percaya diri, jadi harus berpikir 1000 kali disaat mengenakan pakaian tanpa lengan yang memamerkan kulit ketiak. Agar kulit ketiak Anda tidak menjadi hitam yang selanjutnya membuat Anda merasa tidak cantik dan percaya diri, maka simaklah beberapa penyebab ketiak hitam di bawah ini.

Terus menerus mencukur
Salah satu penyebab kulit ketiak yang awalnya putih menjadi hitam adalah terlalu sering menghilangkan bulu ketiak dengan cara mencukurnya. Metode menghilangkan bulu ketiak dengan mencukur bulu berisiko lebih tinggi untuk membuat kulit ketiak tergores dan terluka oleh pisau cukur yang tajam dan bila luka ini tidak dibersihkan dengan baik maka akan menyebabkan bekas luka hitam.

Mencukur bulu yang tidak bersih dan meninggalkan sisa rambut pendek juga mengakibatkan kulit ketiak menjadi lebih hitam. Dibandingkan menghilangkan bulu ketiak dengan mengaplikasikan metode ini, lebih baik Anda mencoba untuk melakukan metode penghilang bulu ketiak permanen, entah itu laser maupun teknik threading, hanya dengan satu kali perawatan saja, bulu ketiak sudah rontok semua dan tidak akan datang lagi sehingga Anda tidak akan mengalami ketiak hitam karena penyebab yang satu ini.

3 Penyebab Ketiak HitamMenggunakan deodoran
Penyebab ketiak hitam ini masih bisa kita minimalisir, Anda hanya perlu menghentikan ketergantungan Anda akan pemakaian deodorant. Deodorant digunakan untuk mencegah dan meminimalisir bau badan. Bagi beberapa orang, menggunakan deodorant dalam bentuk antiperspirant akan menyebabkan reaksi perubahan warna pada kulit ketiak sehingga kulit ketiak menjadi lebih gelap.

Beberapa laporan mengatakan jika pemakaian deodorant maupun antiperspirant tertentu akan membantu menghilangkan warna gelap pada kulit ketiak. Saat ini, banyak sekali brand deodorant yang dijual di toko kosmetik maupun toko biasa, deodorant yang didalamnya terkandung bahan-bahan kimia, selain bisa membuat kulit ketiak menjadi lebih gelap, pemakaian deodorant secara terus menerus pun bisa menyebabkan pertumbuhan maupun perkembangan sel kanker pada payudara, karena beberapa deodorant dibuat memakai bahan kimia yang berbahaya.

Kondisi medis Scanthosis Nigricans
Penyebab ketiak hitam yang juga patut untuk Anda perhatikan adalah scanthosis nigricans, dimana warna gelap bisa menyerang beberapa daerah kulit tubuh, entah itu ketiak, pangkal paha, kondisi ini berhubungan dengan produksi insulin maupun gangguan kelenjar tubuh lain yang mana disebabkan oleh berat badan yang berlebih. Berbeda dengan kondisi hiperpigmentasi dimana kulit akan memproduksi melamin secara berlebihan sehingga membuat kulit badan menjadi lebih hitam, akan tetapi hiperpigmentasi ini tidak banyak berpengaruh pada bagian kulit ketiak dan sangatlah jarang terjadi pada kulit ketiak.

Ternyata penyebab ketiak hitam sangatlah beragam, beberapa poin mungkin sudah Anda ketahui dan dengan menyimak ulasan singkat ini Anda bisa memahami penyebab lainnya. Bagaimana kulit ketiak yang gelap, yakni jauh lebih gelap daripada warna kulit badan akan membuat seseorang merasa tidak nyaman dan tidak bebas untuk berekspresi dengan penampilannya, tidak bisa memakai baju tanpa lengan karena bisa menunjukkan kulit ketiaknya yang gelap, daripada ditutupi dengan pakaian, akan lebih efektif jikalau Anda mengatasi kulit ketiak hitam tersebut dengan cara alami.

Related Posts

Leave a Reply