11 Tips Diet Sehat yang Benar

 Diet

11 Tips Diet Sehat yang Benar – Tahukah anda kalau tidak semua diet itu benar-benar sehat dan baik -untuk anda? Sebagai salah satu contoh adalah diet ekstrem yang banyak dilakukan para pediet amatir yang prinsipnya adalah jauhi makanan sebanyak mungkin. Kita ini adalah manusia yang masih perlu makan dan minum yang cukup, jadi diet ekstrem mungkin akan membuat anda berkunjuk ke salah satu kamar di rumah sakit. Jadi saya akan membahas tentang tips diet sehat yang diharapkan memperudah misi diet dan menambah pengetahuan anda tentang diet.

 

tips diet sehatAktivitas Fisik

Aktivitas fisik seperti olahraga memang terbukuti dapat menurunkan berat badan anda. Kalau anda malas berolahraga anda masih bisa memperbanyak gerak, seperti lebih memilih naik tangga ketimbang naik lift. Tak ada alasan untuk tidak melakukan banyak gerak meski anda adalah orang sibuk nomor satu di dunia.

 

Air Putih

Air putih yang berkualitas tentulah baik bagi diet dan juga kesehatan anda. Jika saja anda mengonsumsi segelas air putih sebelum makan, maka dijamin anda akan labih cepat merasa kenyang. Si sehat ini tak punya kalori, jadi tak masuk akal kalau banyak minum akan membuat anda gendut. Air putih ini berjasa juga untuk melancarkan metabolisme tubuh dan mengontrol nafsu makan.

 

Serat

Tips diet sehat selanjutnya berhubungan dengan serat. Saat diet anda sebaiknya dekat-dekat dengan makanan berserat, seperti buah dan sayur. Serat ini bagus untuk kesehatan anda juga dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama.

 

Lemak

Anda tetaplah seorang manusia yang butuh asupan lemak. Nah, tapi anda harus paham betul kalau lemak yang anda konsumsi haruslah lemak yang baik dan mengkonsumsinya dalam batas normal. Makanan yang masuk dalam kategori berlemak baik adalah : alpukat, minyak zaitun, kacang-kacangan, tahu, susu kedelai, minyak wijen, dll. Sedangkan makanan yang masuk kategori makanan berlemak jahat adalah : es krim, mentega, minyak babi, donat, dll. Jadi anda harus tahu mana yang lemak baik dan buruk, setelah itu barulah anda bisa atur siasat untuk menaklukkan lemak di tubuh anda.

 

Gula

Sudah tak asingkan dengan gula yang banyak kalori dan bisa sebabkan obesitas? Na, maka dari itu anda sebaiknya menjauh dari makanan dan minuman bergula.

 

Karbohidrat

Karbohidrat ini adalah juga salah satu ladang kalori yang harus anda jauhi. Makan saja karbohidrat sesuai kebutuhan dan batas normal saja. Juga pilihlah karbohidrat kompleks seperti beras merah dari pada karbphidrat sederhana.

 

Sarapan

Tidak sarapan hanya membuat anda tak berenergi dan mendorong anda untuk banyak makan dan ngemil. Tetap hindari menu belemak ketika anda diet. Waktu sarapan pun harus lebih pagi, yaitu sekitar pukul 7. Hal ini bertujuan supaya proses pembakaran energinya bisa dimulai lebih cepat.

 

Makan Malam

Singkat saja, anda masih butuhkan nutrisi lain seperti protein di malam hari. Jadi anda harus tetap makan malam. Tapi tetap hindari makanan berkalori tinggi, yang berlemak, dan banyak gulanya.

 

Sering Makan

Makan lebih sering sekitar 5-6 kali ternyata merupaka jurus diet yang cukup sakti. Eits, tapi setiap kali makan haruslah porsi mini, bukan porsi normal seperti yang kita makan biasanya.

 

Segera Sikat Gigi

Rasanya sikat gigi merupakan hal yang sepele dalam diet. Tapi sikat gigi ini lumyan baik sebagai alaram pengingat bahwa anda sudah makan, jadi anda tidak terdorong makan lagi karena sudah sikat gigi.

 

Tergantung Anda

Semua ini tergantung anda, tergantung dari tekat anda dan juga persiapan anda. Anda harus lakukan persiapan, seperti mendata menu diet yang akan anda konsumsi sehingga anda tak asal makan begitu saja. Anda yang memiliki waktu luang pun juga sebaiknya mengatur jadwal olahraga yang baik untuk anda.

Itulah  11 Tips Diet Sehat yang bisa saya sajikan kali ini. Semoga bermanfaat dan anda berhasil dengan diet anda!

Related Posts

Leave a Reply